4 Cara Efektif Menghindari Penipuan Online Shop

By | July 14, 2018

Di era millenial seperti sekarang ini, sistem jual-beli online sudah banyak dilakukan oleh banyak masyarakat. Selain memberi kemudahan bagi para konsumen dalam berbelanja, jual-beli online juga memberi keuntungan yang besar bagi para pebisnis yang terjun ke dunia bisnis berbasis online ini. Namun, tahukah Anda? Meskipun jual-beli online sudah memberikan dampak positif dalam dunia bisnis, akan tetapi dibalik itu ada dampak negatif yang perlu Anda waspadai sebagai konsumen yang bijak. Berikut 7 cara menghindari penipuan online yang perlu Anda ketahui, antara lain:

4 Cara Efektif Menghindari Penipuan Online Shop

 

  • Jangan Mudah Tertarik dengan Produk Murah

Penipuan online shop yang kerap kali dijumpai adalah para penjual yang menawarkan produknya dengan harga yang cenderung murah dari harga pasaran. Hal ini merupakan salah satu strategi penipu untuk mencuri perhatian pembeli. Jika Anda berbelanja di suatu online shop yang mayoritas produknya lebih murah ketimbang harga di toko online lain, Anda tidak boleh mudah tergiur dengan apa yang ditawarkannya. Sebaiknya, Anda melakukan survei terlebih dahulu atau berbelanja di toko online yang sudah terpercaya. Setidaknya, Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kondisi barang yang dipesan tidak sesuai yang diinginkan, karena menurut peribahasa “ada harga ada rupa”. Sebagai konsumen sudah sepatutnya Anda harus lebih selektif dalam membeli barang.

 

  • Simpan dengan Baik Semua Bukti dan Transaksi

Selanjutnya, untuk menghindari penipuan online yang marak terjadi pada beberapa online shop, Anda sebisa mungkin untuk tidak membuang segala bukti yang berkaitan dengan transaksi. Seperti bukti percakapan via SMS bahkan bukti transfer Anda. Simpan segala bukti tersebut hingga barang yang dipesan sampai ke tangan Anda dengan aman dan sesuai harapan. Hal tersebut bertujuan untuk berjaga-jaga apabila Anda menjadi korban penipuan.

Baca juga: Tips Belanja Online Yang Aman Dan Terhindar Dari Penipuan

 

  • Minta Foto Barang Asli

Cara menghindari penipuan online yang satu ini juga patut Anda lakukan yaitu meminta foto barang yang aslinya. Anda jangan cepat puas dan percaya dengan melihat gambar yang para penjual pasang di iklan online shop, bisa saja mereka mengambil gambar tersebut dari internet. Selain itu, ada kemungkinan barang yang Anda pesan tidak sesuai dengan gambar atau foto yang dipasang. Hal ini tentu akan membuat Anda sebagai konsumen merasa kecewa. Oleh karena itu, sebagai pembeli yang selektif Anda harus meminta foto asli dari barang yang akan dipesan, jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

  • Selalu Utamakan COD (Cash On Delivery)

Sebelum Anda membeli barang melalui online shop, ada baiknya Anda mencari toko online yang menyediakan jasa COD atau Cash On Delivery. COD biasanya berlaku pada beberapa lokasi dan toko online, terutama lokasi yang dekat dengan lokasi konsumen. Sistem dalam COD yaitu Anda bisa melakukan transaksi langsung dengan sang penjual. Hal ini memberi kesempatan bagi Anda untuk mengecek langsung barang tersebut sekaligus meminimalkan tindak penipuan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *