Tips Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial

By | July 16, 2018

Di era millenial sekarang ini, teknologi digital semakin mengalami perkembangan yang pesat. Salah satunya banyak sekali media sosial yang terus bermunculan, pastinya juga memberikan banyak dampak positif bagi masing-masing kita. Sebagai contoh dari peran positif medsos yaitu untuk membangun sebuah personal branding. Personal branding ini merupakan proses kita mempromosikan diri kepada publik atau komunitas yang menjadi target marketing kita. Berikut beberapa tips dalam membangun personal branding via medsos, antara lain:

Tips Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial

 

  • Gunakan Nama yang Sama di Semua Media Sosial

Dalam menggunakan medsos, ada baiknya Anda mendeskripsikan data diri yang sebenarnya, seperti menggunakan informasi dan foto asli Anda. Jangan gunakan nama dan foto artis. Hal ini bertujuan supaya Anda lebih mudah ditemukan oleh banyak orang. Dengan tips ini, Anda sudah melakukan personal branding untuk namamu sendiri.

 

  • Memperbaharui Profil secara Berkala

Tips selanjutnya untuk membangun personal branding di media sosial yaitu dengan selalu meng-update profil secara berkala baik itu foto, biografi, atau yang lainnya. Dengan tips update foto yang satu ini, Anda akan lebih dipercaya oleh konsumen bahwa akun yang dikelola memang benar brand Anda sendiri bukan dikelola oleh pihak lain.

Baca juga: Manfaat menggunakan Media Sosial Untuk Membangun Brand

 

  • Temukan dan Posting sesuai Passion Anda

Jika Anda sering mem-posting di media sosial, maka akan semakin banyak orang yang mengenai diri Anda. Namun, ada yang perlu diingat, tidak semua sosmed mengizinkan penggunanya mem-posting dalam jumlah yang banyak di waktu yang berdekatan, seperti facebook dan juga twitter. Keduanya mencanangkan aturan tersebut bagi penggunanya. Selain itu, temukan passion Anda. Sebisa mungkin Anda dapat dikenal banyak orang sesuai passion yang Anda inginkan. Posting berbagai hal yang berkaitan dengan minat dan bakat Anda.

 

  • Bergabung dalam Grup dan Komunitas

Tips berikutnya yaitu bergabung dalam grup maupun komunitas di media sosial. Sebaiknya, Anda bergabung dalam komunitas dan grup yang memiliki visi yang sama dengan Anda sehingga, Anda bisa memperolah banyak wawasan dan pengetahuan. Sebisa mungkin, Anda melakukan interaksi dengan banyak orang di dalam grup atau komunitas tersebut. Jika memungkinkan, Anda harus pandai mencuri perhatian orang-orang di grup dan komunitas itu terutama yang Anda anggap sebagai role model di sosmed. Hal ini bertujuan supaya profil Anda dilirik dan direkomendasikannya kepada orang lain.

 

  • Pilih Media yang Tepat

Apabila Anda telah mengetahui passion apa yang tepat, sekarang Anda harus menentukan media yang cocok untuk mendongkrak personal branding Anda. Sebagai contoh, Anda seorang vlogger, maka media sosial yang cocok untuk Anda adalah youtube. Melalui media tersebut, Anda bisa mempromosikan diri sekaligus karir Anda. Jadi, pastikan Anda menggunakan sosmed sesuai dengan porsi masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *