5 Mitos Mengenai Investasi Bitcoin

By | July 18, 2018

Akhir-akhir ini, istilah bitcoin sudah menjadi perbincangan hangat oleh seluruh masyarakat di dunia. Bahkan, investasi yang satu ini sudah menjadi salah satu yang paling digemari saat ini. Mata uang digital ini mengaplikasikan teknolgi blockchain. Mata uang virtual ini muncul sejak 2009 silam dan dipelopori oleh Satoshi Nakamoto, serta hanya terdapat dalam dunia digital.

5 Mitos Mengenai Investasi Bitcoin

Selain itu, mata uang ini memiliki bentuk yang abstrak, tak jarang orang yang enggan menggunakannya. Kegunaannya yaitu bisa untuk bertransaksi keuangan, seperti pembelian game, jasa, hosting website, dan lain sebagainya. Memang, pada dasarnya mata uang ini merupakan jurnal digital yang merekap siapa saja yang memilikinya. Hal ini banya dijumpai pada bank, merek memiliki jurnal untuk mencatat banyaknya jumlah uang yang dimiliki nasabah. Akan tetapi, ada beberapa pendapat yang tidak benar mengenai mata uang ini. Adapun beberapa mitos yang tak wajib Anda percaya mengenai mata uang digital ini, antara lain:

 

  • Pembelian Minimal 1 Koin

Mitos seputar bitcoin yang pertama yaitu kebohongan apabila ingin memiliki mata uang ini, maka harus membeli 1 koin seharga Rp 120 juta. Informasi ini adalah hoax. Anda tidak diharuskan memiliki uang sebanyak itu untuk investasi. Hanya dengan Rp 3,3 juta saja, Anda sudah bisa memiliki mata uang digital ini. Nilai mata uang ini sendiri merupakan modal yang Anda miliki dibagi dengan harganya saat pembelian.

 

  • Rentan Diretas

Mitos lainnya yang beredar di masyarakat yaitu mengenai keamanan bitcoin. Hingga saat ini, belum ditemukan adanya kasus hacker yang menyerang. Sistem wallet pada mata uang digital ini cukup mudah untuk di hack, namun itu semua tergantung dari kurangnya pengguna dalam mengamankan wallet miliknya.

 

  • Digunakan untuk Aktivitas Kriminal

Memang, mata uang virtual ini banyak digunakan oleh pihak-pihak tertentu di pasar gelap. Ditambah lagi, bitcoin ini tidak berada di bawah pengawasan pemerintah sehingga, masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa mata uang digital ini banyak digunakan untuk mendorong aktivitas kriminal. Padahal, tak semua orang yang melakukan kriminal menggunakan mata uang ini.

Baca juga: Investor Bitcoin Indonesia Ditetapkan untuk Mengungguli Para Peserta Saham

 

  • Cara Mendapatkan Keuntungan Sama dengan Judi

 

Sebagian besar masyarakat berpendapat apabila investasi ini banyak digunakan dalam kegiatan berjudi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti nilai mata uangnya yang cukup fantastis dibandingkan uang lainnya. Selain itu, mata uang ini memiliki jumlah yang cukup terbatas sehingga, semakin tinggi permintaan akan berakibat dengan kenaikan harga.

 

  • Bitcoin Mining adalah Kegiatan yang Membahayakan

Dalam menciptakan mata uang virtual ini, Anda memang membutuhkan perangkat teknologi yang canggih sehingga, hal ini menyebabkan banyak orang yang berpendapat bahwa bitcoin mining memicu besarnya penggunaan listrik serta dapat merusak lingkungan. Padahal, hal tersebut tidak benar. Justru dengan adanya penciptaan mata uang digital ini sama dengan menghabiskan kebutuhan listrik tahunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *