Kenali Ciri-Ciri Modus Penipuan Kredit Tanpa Angunan Berikut ini

By | August 10, 2018

Beberapa tahun belakangan ini, popularitas Kredit Tanpa Agunan atau yang lebih dikenal dengan KTA belakangan semakin bersinar. Tak main – main, KTA bahkan digadang-gadang sebagai salah satu produk perbankan yang paling dicari. Tak heran jika KTA begitu banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat. Salah satu alasan mengapa KTA begitu banyak diminati masyarakat karena kemudahannya, mulai dari kemudahan persyaratannya yang tidak membutuhkan aset untuk dijadikan sebuah jaminan, hingga proses pengajuan kreditnya. Kendati demikian, bukan berarti KTA tidak memiliki persyaratan. Hanya saja, persyaratan tersebut kerap kali disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Alhasil, banyak modus penipuan berkedok KTA menjadi marak.

Kenali Ciri-Ciri Modus Penipuan Kredit Tanpa Angunan Berikut ini

Untuk menghindari penipuan, sebaiknya Anda memahami apa saja ciri-ciri modus penipuan berkedok KTA, berikut ini.

  • SMS berantai yang menggoda 

Salah satu cara jitu penipu untuk mendekati Anda adalah dengan melakukan penawaran lewat SMS. Bunyi pesan tersebut menawari Anda pinjaman sejumlah dana hingga jutaan rupiah tanpa syarat. Jika dipikir secara logika, tidak mungkin Anda mendapatkan sejumlah dana yang bernilai besar hanya dengan sebuah pesan singkat saja. Oleh karena itu, jangan mudah tergiur dengan SMS yang serupa, karena Anda bisa berisiko menjadi korban penipuan. Cukup abaikan atau perlu hapus SMS yang berisikan tawaran pinjaman uang tersebut karena bisa saja itu hanya modus penipuan berkedok KTA .

  • Penawaran melalui sambungan telepon

Biasanya modus ini lebih dikenal dengan telemarketing. Mereka kerap kali mengatasnamakan bank tertentu dan mengatakan bahwa Anda adalah nasabah prioritas yang mendapatkan penawaran secara khusus. Selain itu, mereka juga mengiming-imingi Anda dengan berbagai hadiah menarik dan serangkaian proses yang sangat mudah. Untuk itu, cara ampuh untuk menghindari modus penipuan ini yakni dengan menolak penawaran tersebut dan menutup sambungan telepon dengan sopan.

 Baca juga artikel menarik lainnya di onlineterpercaya.com

  • Surat cinta elektronik dari bank

Pemasaran lewat email juga bisa menjadi salah satu media pemasaran yang terbilang menjanjikan untuk modus penipuan. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan melakukannya dengan profesional, dengan mencantumkan desain logo, nomor telepon, alamat dan tata bahasa yang digunakan juga sangat meyakinkan. Isi email tersebut menawarkan pengajuan KTA yang mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir dan mengirimkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk softcopy, seperti KTP, passport, kartu kredit bahkan kartu ATM. Namun, sebaiknya Anda hati-hati karena bisa saja tanpa Anda sadari telah melakukan sebuah kesalahan karena memberikan semua data diri dan juga informasi mengenai kegiatan perbankan Anda. Untuk itu, jangan pernah tergoda dengan berbagai email yang menawarkan solusi masalah keuangan ataupun investasi. Bisa saja semua tawaran tersebut adalah modus penipuan yang bisa menjerat Anda. Atau Anda bisa memeriksa dan mencari informasi yang terpecaya mengenai tawaran yang diberikan, misalnya dengan mencari tahu alamat perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *