Tips Ampuh Agar Terhindar Dari Modus Penipuan Berkedok Pinjaman Online

By | August 11, 2018

Ketika kebutuhan lebih banyak daripada penghasilan, seringkali orang terjebak dalam situasi yang sulit sehingga mengharuskan mereka mencari pinjaman uang untuk menutupi kebutuhan tersebut. Berbagai cara pun dilakukan, mulai meminjam uang dari lembaga perbankan atau bahkan ke kreditur lainnya. Sementara yang lain memilih pergi ke sanak famili untuk mencari pinjaman dana. Selain kedua cara tersebut, alternatif lain yang belakangan banyak ditawarkan adalah pinjaman online. Namun, tak sedikit orang yang pesimis saat mendengar istilah pinjaman online karena sangat rentang terjebak dalam modus penipuan berkedok pinjaman uang. Sementara yang lainnya enggan mencoba karena syaratnya yang rumit. Padahal nyatanya tidak demikian.

Tips Ampuh Agar Terhindar Dari Modus Penipuan Berkedok Pinjaman Online

Hanya saja, tak ada salahnya kita berhati-hati memutuskan untuk melakukan pinjaman, terlebih lagi jika pinjaman ditawarkan oleh perbankan yang tidak terverifikasi. Oleh karena itu, agar tidak terjebak dengan modus penipuan berkedok pinjaman online, ada baiknya menyimak tips berikut ini.

  • Pastikan Layanan Pemberi Kredit Sudah Terverifikasi Secara Resmi

Tidak susah menemukan situs penyedia jasa pinjaman online di Indonesia karena di Internet, Anda dengan mudah bisa mengaksesnya dan mencari tahu prosedur mendapatkan pinjaman dari situ seperti ini. Hanya saja, yang perlu Anda pastikan apalah situs tersebut sudah resmi terdaftar sebagai jasa penyedia pinjaman berbasis online.

  • Tak Ada Biaya Administrasi Biasanya Hanya Survei

Normalnya, ketika Anda mengajukan pinjaman online kepada penyedia layanan pinjaman resmi, Anda sebagai calon debitur hanya diminta mengisi formulir data diri online. Selanjutnya, Anda akan dihubungi oleh pihak kreditur dengan intensitas yang wajar dan tak ada follow up yang berlebihan. Jika pihak peminjam menganggap Anda layak secara administrasi, Anda bisa mengisi survey seperti pinjaman offline secara konvensional. Selain itu, calon debitur tidak akan dimintai pemotongan uang pinjaman atau sejenisnya saat pencairan dana.

  • Kenali Mekanisme dan Cara Kerja Pinjaman Online

Agar Anda tidak terjebak dalam modus penipuan berkedok pinjaman online, maka sebaiknya kenali dulu mekanisme peminjaman secara detail. Sama seperti pinjaman pada umumnya, pinjaman online tentunya memiliki prosedur khusus hingga tahap uang pinjaman benar-benar dicairkan. Tentunya langkah pertama yang harus dilakukan adalah mekanisme pengajuan pinjaman dalam bentuk pengisian formulir. Selanjutnya adalah proses pendalaman, yang dimulai dari survey, penjelasan  mekanisme cicilan serta penjelasan informasi lainnya. Baru kemudian, pihak kreditur memutuskan apakah Anda layak menerima pinjaman atau tidak.

  • Cari Informasi Lembaga Keuangan atau Penyedia Pinjaman

Lembaga penyedia pinjaman online yang kredibel dan terpercaya tentunya akan sangat menjaga reputasinya. Mulai dari kelengkapan identitas serta Anda akan mudah melacak track record pelayanan mereka yang bersih. Agar lebih yakin dan Anda tidak terjebak dalam modus penipuan berkedok pinjaman online, maka Anda bisa mengkonfirmasi secara langsung dengan mendatangi kantor atau menghubungi via nomor yang tertera.

 Baca juga artikel menarik lainnya di onlineterpercaya.com

  • Ingat, Jangan Lupa Verifikasi

Agar Anda tidak menyesal di kemudian hari karena menjadi korban modus penipuan berkedok pinjaman, maka sebagai calon debitur, Anda dituntut untuk teliti dalam melakukan verifikasi lembaga perbankan atau penyedia layanan keuangan online.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *