Agar Tidak Tertipu, Simak 5 Tips Belanja Online yang Aman Berikut ini

By | August 12, 2018

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke toko atau tempat perbelanjaan karena Anda bisa melakukan transaksi jual-beli dari rumah melalui via online. Perkembangan belanja online yang kini semakin meningkat membuat situs-situs belanja online mulai muncul satu persatu, mulai dari situs belanja lokal hingga luar negeri yang menawarkan berbagai barang-barang yang dibutuhkan pun bisa Anda dapatkan.Tak hanya itu, kelebihan lain dari belanja online karena Anda bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan dengan harga yang jauh lebih murah dibanding barang-barang di toko konvensional. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati saat berbelanja online. Jangan sampai Anda terjebak dalam modus penipuan berkedok belanja online. Oleh karena itu, ada beberapa tips belanja online yang harus Anda simak berikut ini.

Agar Tidak Tertipu, Simak 5 Tips Belanja Online yang Aman Berikut ini

  • Cek Kredibilitas Toko atau Situs Online

Langkah pertama dalam tips belanja online yang harus Anda lakukan adalah mengecek kredibilitas dari toko atau situs online yang barangnya ingin Anda beli.  Anda bisa mengecek kredibilitas suatu toko atau situs online dengan membaca testimony atau review para konsumen yang sudah pernah membeli produk dari toko tersebut.

  • Perhatikan Spesifikasi Produk

Tips belanja online selanjutnya adalah memperhatikan spesifikasi produk yang ingin Anda beli. Membeli barang secara online tentunya tidak memungkinkan Anda memegang barang tersebut secara langsung. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk teliti meperhatikan kondisi barang melalui gambar yang disediakan oleh pihak toko online.

  • Jangan Tergoda dengan Barang Murah

Selanjutnya tips belanja online yang kedua adalah tidak mudah tergoda dengan harga murah. Rasanya tidak ada orang yang tidak menyukai barang yang dijual dengan harga murah. Namun, jika Anda berbelanja online, tips belanja online sebaiknya Anda jangan mudah tergiur membeli barang dengan harga yang terlampau murah, terlebih lagi jika jauh dari harga pasaran. Termasuk pula barang bermerek dengan potongan harga yang tidak masuk akal. Mungkin saja hal tersebut hanya jebakan untuk menarik banyak konsumen sehingga Anda harus mempertimbangkannya dengan matang.

  •  Aman Belanja Online dengan Kartu Kredit

Tips belanja online berikutnya adalah memilih kartu kredit untuk melakukan transaksi via online. Jika dibandingkan dengan kartu debit, kartu kredit lebih aman karena Anda bisa membatalkan transaksi jika barang yang dibeli tidak kunjung datang atau barang tersebut tidak sesuai dengan pesanan Anda. Tak hanya itu, kelebihan lain dari menggunakan kartu kredit adalah informasi terkait transaksi perbankan Anda tidak mudah bocor sehingga mengurangi risiko hacker membobol rekening bank Anda.

 Baca juga artikel menarik lainnya di onlineterpercaya.com

  • Jangan Sembarangan Memberikan Informasi

 Biasanya pada beberapa situs online, para calon pembeli akan diminta untuk mengisi beberapa data, mulai dari nama, alamat tujuan pengiriman. Namun, tidak jarang beberapa toko online berusaha untuk mendapatkan informasi yang lebih untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, jangan pernah memberikan informasi yang bersifat privat atau Anda rasa mencurigakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *