Inilah 4 Cara Mengecek Keaslian Berita Hoax

By | August 26, 2018

Saat ini semakin marak beredar berita hoax di media sosial. Sehingga para warganet harus cerdas memilah informasi mana yang termasuk kategori bohong atau asli. Karena menyebarnya informasi tidak benar dari berita hoax jelas mengancam masyarakat. Terlebih, banyak pengguna internet yang belum bisa memilah jenis informasi akurat dan yang hoax. Oleh karena itu, berikut disajikan tips khusus bagi Anda bagaimana membedakan berita asli atau hoax.

Inilah 4 Cara Mengecek Keaslian Berita Hoax

Elemen Berita Hoax

Pastikan berita yang Anda baca tidak memiliki kalimat-kalimat yang seolah persuasif, provokatif dan memaksa sehingga terasa janggal seperti: “Sebarkanlah!”, “Viralkanlah!”, dan sejenisnya. Informasi hoax juga disinyalir ada pada Artikel yang penuh huruf besar dan tanda seru. Biasanya berita hoax memanfaatkan isu-isu yang sedang tren seperti isu SARA, pemerintah dan lainnya.

Selain itu, artikel yang mengandung informasi hoax biasanya akan merujuk pada kejadian yang tidak jelas tanggal dan harinya sehingga hanya menggunakan istilah seperti kemarin, dua hari yang lalu, seminggu yang lalu dan sebagainya. Bahkan seringkali artikel hoax yang lebih berisi mengenai opini dari seseorang, bukan fakta.

Verifikasi Sumber

Anda bisa memastikan dan memverifikasi sumber serta konten berita dengan mencarinya di Google. Tambahkan kata hoax dibelakang keyword tema berita spesifik yang Anda gunakan. Biasanya, akan muncul artikel pembahasan terkait jika itu memang benar hoax. Kemungkinan besar berita yang bersumber dari media online yang belum terverifikasi Dewan Pers dapat berisi hoax. Masyarakat juga harus menelusuri kredibilitas sang penulis artikel, seperti mengecek bagaimana riwayat penulis dari berita tersebut.

Cek Gambar dan Cek dengan Aplikasi

Anda juga harus memastikan sumber dari foto yang diunggah pada artikel berita terkait. Jadi, Anda bisa mengecek kembali apakah foto tersebut asli atau tidak. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memanfaatkan Google Images yang merupakan tool milik Google.

Awali dengan membuka laman Google Images. Nah, sekarang coba simpan foto dengan cara melakukan screenshot artikel berita hoax yang ingin Anda verifikasi. Lalu, sisipkan foto yang disimpan tersebut pada laman Google Images dengan cara drag foto tersebut ke kolom pencarian. Setelahnya, situs pertama yang mengunggah foto tersebut akan tampil pada hasil pencarian. Situs ini akan muncul pada posisi pencarian paling atas. Dari sini Anda bisa mengetahui siapa pihak yang pertama kali menyebarkan gambar tersebut. Cari tahu kredibilitas dari situs web yang menyebarkan gambar tadi.

Baca juga: Ciri-ciri Berita Hoax yang Perlu Anda Perhatikan

Cek dengan Aplikasi

Kini, juga telah tersedia aplikasi yang mengusung kemampuan menganalisis berita hoax. Aplikasi khusus tersebut bernama Hoax Analyzer. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk melakukan pengecekan ulang informasi yang diperoleh tanpa harus klarifikasi kepada pihak terkait berdasarkan berita yang ditampilkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *