Tips Aman Melakukan Transaksi dan Belanja Online

By | August 30, 2018

Begitu pesatnya perkembangan teknologi memang membuat banyak perubahan kehidupan masyarakat sekarang ini. Majunya teknologi membuat masyarakat menyukai hal yang mudah, cepat dan instan. Salah satunya saat membeli barang yang mereka butuhkan. Masyarakat lebih menyukai belanja online. Belanja secara online memang tergolong simpel, bahkan tak jarang kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibanding dengan toko konvensional. Meskipun demikian belanja via daring ini memiliki risiko keamanan. Berikut tips agar tetap aman melakukan kegiatan belanja via daring.

Tips Aman Melakukan Transaksi dan Belanja Online

  • Pilih situs belanja yang bisa dipercaya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mencermati situs belanja online yang akan Anda gunakan. Banyak situs belanja yang terpercaya, tentunya dilengkapi dengan sekuritas yang terjamin. Dengan memilih situs terpercaya, Anda akan merasa nyaman dan aman ketika belanja. Selain itu, dengan nama besar yang dimiliki situs belanja, mereka akan memberi jaminan keamanan bagi konsumen.

  • Pilih penjual yang bereputasi baik

Setelah memilih situs belanja yang tepat, berikutnya adalah memilih penjual yang sudah terjamin reputasinya. Kadang, walaupun kita sudah memilih marketplace besar, kita belum bisa lepas dari penjual “nakal”. Untuk mencari informasi mengenai reputasi seller sebenarnya mudah. Anda bisa mengecek bintang, status atau nilai yang dimiliki penjual. Jika penjual memiliki bintang dan status yang tinggi, berarti penjual tersebut bisa Anda pilih. Jika masih kurang yakin, sebelum belanja online, Anda bisa melihat testimoni konsumen yang sebelumnya bertransaksi.

  • Usahakan menggunakan rekber

Rekber atau rekening bersama memang tidak asing lagi di dunia belanja online. Menggunakan rekber adalah cara paling aman agar transaksi yang Anda lakukan dapat berjalan dengan nyaman dan aman. Sistem penggunaan rekber ini, uang yang digunakan untuk bertransaksi akan di transfer ke rekening bersama. Setelah transaksi selesai dan tidak ada masalah dalam transaksi tersebut, uang hasil penjualan barang baru dapat dicairkan oleh penjual. Selain itu, Anda bisa menggunakan kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda dapat membatalkan transaksi bila produk tidak sesuai dengan yang mereka janjikan.

  • Jangan menggunakan WiFi umum

Biasanya, risiko yang sering muncul saat kita melakukan kegiatan belanja online adalah pencurian data pribadi oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Pencurian data pribadi ini bisa terjadi karena kita menggunakan WiFi publik saat bertransaksi. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang hindari menggunakan WiFi umum saat bertransaksi. Gunakan internet pribadi agar keamanan lebih terjamin saat berbelanja.

Baca juga artikel menarik lainnya di onlineterpercaya.com

Hal yang paling penting saat melakukan transaksi secara online adalah menyimpan bukti transaksi sebelum barang diterima. Jangan sampai, barang belum diterima, Anda sudah membuang bukti transaksi, dan akhirnya saat barang yang diterima bermasalah, Anda tidak bisa melakukan komplain karena tidak memiliki bukti. Belanja online memang menyenangkan, namun akan lebih menyenangkan lagi jika kita bisa melakukannya dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *