Penting di Waspadai, Modus Penipuan Yang Sering Terjadi

By | September 2, 2018

Modus penipuan sekarang ini memang sering kali terjadi, terlebih saat ini sudah maraknya belanja dengan cara online. Cara ini memang masih terkesan baru dan terkadang banyak yang belum mengerti mana yang penipuan dan yang bukan. Karena sebenarnya saat kita berbelanja online itu haruslah benar-benar teliti.

Nah ada beberapa modus penipuan yang sering kali terjadi sekarang ini terlebih di dunia online. Berikut ini beberapa modus penipuan yang perlu untuk Anda waspadai, diantaranya yaitu:

Penting di Waspadai, Modus Penipuan Yang Sering Terjadi

  • Kirim barang dengan menggunakan resi fiktif

Ini sering terjadi, yaitu resi fiktif. Biasanya resi model seperti ini yang dikirim berbeda dengan jumlah ongkos kirim. Contohnya pembeli diminta ongkir untuk pengirimn dari Jakarta, namun resi yang diterima yaitu dengan kode pengiriman dari kota lainnya. ada berbagai macam tipu daya yang digunakan mengenai modus penipuan dengan resi fiktif tersebut.

  • Nomor rekening asli tapi palsu

Terdapat juga kasus penjual yang mempunyai nomor rekening yang serupa akan tetapi tidak sama dengan nomor rekening marketplace. Pada saat pembeli check out, Anda bisa keluar dari tagihan pembayaran marketplace. Akan tetapi pada saat yang bersamaan, pembeli juga mendapatkan SMS yang meminta transfer dengan uang sejumlah yang sama ada di check out yang terdapat pada marketplace. Sekilas memang nomor rekening tujuan dari penipu tersebut sama dengan nomor rekening virtual yang ada di marketplace, tapi dengan nama penerima berbeda. Kalau dari pembeli tidak teliti ini memungkinkan bisa langsung transfer ke rekening si penipu tersebut.

  • Terlanjur beli, barang tidak pernah benar-benar menghampiri

Ini merupakan sebagai salah satu modus yang paling sering dilakukan, ini juga sebagai cara yang paling banyak dilakukan oleh para penipu. Biasanya penipu ini untuk menarik minat konsumennya yaitu dengan cara menjualnya dengan  memasang harga yang miring terhadap barang yang dijualnya. Ini sebagi salah satu jebakan yang saat ini cukup efektif dilakukan oleh penipu bagi para calon pembeli. Pada saat pembeli sudah mentransfer sejumlah uang, maka penjual pun juga tidak akan mengirim barang yang sedang mereka jual.

Dalam kasus penipuan sekarang ini melalui media online memang banyak korban yang terjerat. Dengan banyaknya korban yang terjerat tersebut tampaknya penipuan tersebut satu persatu mulai terbongkar dan kini system dalam dunia online juga semakin ketat, banyak orang yang tidak mudah percaya begitu saja dan lebih teliti.

 Baca juga artikel menarik lainnya di onlineterpercaya.com

Pada intinya ketika Anda melakukan transakdi di media online supaya bisa menghindari modus penipuan tentunya harus lebih teliti dan berhati-hati. Gunakan cara yang aman dalam bertransaksi, banyak orang yang tertipu karena mereka juga kurang teliti dan tidak cermat. Demikian informasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *