4 Modus Penipuan Di Media Online, SMS dan Telephone

By | September 4, 2018

Modus penipuan memang kalau kita dengar-dengarkan ada banyak sekali disekitar kita. Terlebih untuk saat ini penipuan melalui media online sangatlah marak, banyak yang lengah karena kurangnya pengetahuan dan iming-iming yang begitu menggoda. Sehingga banyak sekali yang tertipu dengan iming-iming yang diberikan tersebut.

Hal tersebut tentunya penting untuk anda antisipasi, terlebih untuk anda yang suka di media social. Nah berikut ini biasanya modus penipuan yang sering terjadi melalui media social, diantaranya yaitu:

  • Modus Pertama Pengirim Meminta Anda Mengirimkan Username dan Password Akun Kamu

Biasanya dalam hal ini pelaku atau penipu tersebut mengirimkan sms dengan mengatakan kalau media social yang Anda miliki tersebut berbahaya. Kemudian pelaku akan membuat-buat kesan ingin menolong Anda dengan mengamankan akun Anda. dalam hal ini biasanya pelaku akan membuat sejuta alasan, dan selanjutnya dia meminta Anda untuk mengirimkan username dan password. Dalam hal ini juga Pelaku akan berusaha untuk meyakinkan Anda, supaya bisa memberikan username dan password yang Anda miliki. Lebih baik jika Anda menemukan ini tidak anda layani.

 

4 Modus Penipuan Di Media Online, SMS dan Telephone

4 Modus Penipuan Di Media Online, SMS dan Telephone

  • Pengirim akan Meminta Kamu Yang Aneh-Aneh, Seperti Meminta Nomor Rekening

Ini sangat lucu dan sering terjadi, yaitu penipu tersebut akan menelpon langsung dari para korbannya, kemudian mengatakan kalau Anda memperoleh hadiah berupa uang puluhan juta, mobil atau sebagainya pokoknya yang menarik dan kemudian penipu tersebut menyuruh Anda untuk mentransfer terdahulu uang ke rekening bank tertentu sebagai syarat pengambilah hadiah tersebut. Dalam hal ini juga biasanya peipu juga meminta nomor rekening dan password ATM Anda. Dalam hal ini jangan pernah memberikannya, karena itu akan sangat berbahaya.

Baca Juga: Tips Aman Melakukan Transaksi dan Belanja Online

  • Pengirim Mengaku Sudah Bekerjasama dengan Perusahaan/Instansi Tertentu

Modus ini sering kali dilakukan oleh penipu, misal seperti penipu biasanya dalam hal ini mengirim SMS yang mengatakan jika Anda berada dalam masalah dan bahaya, missal saudara Anda mengalami kecelakaan. Kemudian dari si penipu tadi mengatakan kalau dia memiliki hubungan dekat dengan si polisi. Kemudian Anda di takut-takuti jika akan ditangkap dalam waktu dua puluh empat jam. Dalam hal ini Anda harus mentransfer sejumlah uang agar Anda tidak jadi di tangkap. Dalam kasun ini banyak juga yang menjadi korban. Jadi untuk Anda semua sebaiknya berhati-hati.

  • Mendapatkan Isi Pesan Mengundang Anda untuk Mengunduh Video, Gambar, atau Klik pada Link yang Diberikan

Biasanya modus yang satu ini Anda akan memperoleh pesan yang meminta klik pada link ini agar uang bisa berlimpah. Dalam hal ini pesan tersebut seperti spam, sebaiknya jika Anda menemukan ini di hapus saja. Nah kalau Anda melakukan apa yang disuruh seperti pada pesan tersebut, mengunduh video, gambar, atau disuruh untuk klik pada link, bahayanya dalam hal ini smartphone Anda akan terkena virus malware. Bisa jadi data-data penting Anda akan bisa dicuri oleh hacker.

Nah itulah modus penipuan yang sering terjadi sekarang ini semoga itu bisa menjadi referensi untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *