Berikut Adalah Ciri-ciri Situs Terpercaya

By | September 6, 2018

Seiring berkembangnya waktu, maka muncullah berbagai situs di Indonesia  hingga jumlahnya mencapai ribuan. Dan diantara ribuan situs tersebut tentunya ada beberapa situs terpercaya yang sudah terverifikasi. Iya memang semakin berkembangnya zaman, membuat pertumbuhan situs-situs di Indonesia pun bagaikan jamur. Dan tentunya sebagai pengguna internet yang cerdas, kita harus waspada dalam mengacu kepada sebuah situs. Karena ada ratusan bahkan ribuan situs abal – abal yang memposting berita-berita bohong.

Berikut Adalah Ciri-ciri Situs Terpercaya

Untuk itu, keberadaan situs terpercaya tentunya cukup sulit untuk dibedakan dengan situs abal-abal. Dimana terkadang situs abal-abal sendiri juga merekayasa sedemikian rupa hingga pembacanya pun tak sadar bahwa yang sedang dikunjungi adalah situs yang abal-abal. Sebenarnya dalam berselancar di dunia internet, tentunya kita harus berhati-hati, sebab semakin kini cukup rawan kejahatan – kejahatan yang terjadi di dunia internet.

Kejahatan-kejahatan mulai dari fitnah atau tersebarnya berita hoax, penipuan, dan lain sebagainya kini memang cukup marak terjadi. Ya tentu mereka berangkat dari situs-situs yang abal-abal hingga memanfaatkan pengguna internet yang kurang cermat untuk mendapatkan suatu keuntungan tertentu. Untuk kasus penipuan sendiri biasanya rawan terjadi pada jual beli online, dimana karena saking mudahnya dalam berbelanja, terkadang mereka teledor tanpa memperhatikan keamanan situs yang digunakan.

Nah untuk itu memperhatikan fitur keamanan pada sutau situs online menjadi salah satu hal yang sangat penting. Sebab dalam hal ini biasanya Anda akan diminta memasukkan data pribadi guna menjadikan anggota dalam marketplace tersebut. Biasanya Anda akan diminta memasukkan data diri secara lengkap. Dan tentunya hal tersebut juga memungkinkan data diri Anda bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Nah tentunya kita harus berhati-hati, untuk itu silahkan simak ciri-ciri website terpercaya yang mungkin bisa Anda jadikan acuan untuk berkunjung ke website:

  1. Salah satu ciri daripada situs yang terpercaya yaitu dimana situs tersebut telah dipasang fitur teknologi keamanan sertifikat SSL. Dimana biasanya terdapat simbol atau tanda gembok di sisi kiri pada tampilan alamat website.
  2. Selain itu, tanda bahwa website tersebut telah dilindungi oleh teknologi kemanan sertifikat SSL yaitu biasanya website tersebut memiliki tampilan dengan alamatnya ditambahkan dengan huruf “S” yang berarti secure atau aman. Contohnya yaitu https://namawebsite.com/.
  3. Nah untuk Anda yang hobi berkunjung ke marketplace, salah satu ciri situs marketplace yang aman yaitu adalah yang memiliki simbol electronic certificate. Dimana simbol tersebut biasanya dipasang oleh perusahaan ketiga yang mana secara khusus akan melakukan pengamanan ketika bertransaksi online.

Baca juga artikel menarik lainnya di onlineterpercaya.com

Nah itulah beberapa ciri dari situs online, nah tentunya Anda pun harus semakin berhati-hati karena banyak pihak yang tidak bertanggung jawab yang senantiasa bersiap untuk memanfaatkan keteledoran kita. Nah untuk itu cukup sekian dulu, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *