Cara Mencegah Beredarnya Berita Hoax di Sosial Media

By | September 7, 2018

Berita hoax merupakan berita bohong yang biasanya sering bertebaran di sosial media. Dimana sosial media yang awal mulanya adalah sebagai sarana untuk berkomunikasi, kini sepertinya telah dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk menjadi ladang untuk menyebarkan berita hoax. Hal ini tentunya sangat disayangkan karena berita hoax sendiri banyak memberikan dampak negatif. Nah apabila hal tersebut di biarkan, tentunya akakn di khawatirkan dapat membahayakan generasi-generasi bangsa.

Cara Mencegah Beredarnya Berita Hoax di Sosial Media

Berita hoax biasanya sengaja disebarkan oleh pihak-pihak tertentu yang memiliki kepentingan untuk menggiring opini publik dengan menggunakan berita hoax. Dari adanya berita hoax, pastinya akan ada pihak yang diuntungkan dan dirugikan. Oleh karena itu, pemerintah saat ini juga terus berusaha untuk menghentikan penyebaran berita hoax yang salah satunya adalah menjerat pelaku dengan undang-undang.

Undang-undang yang dapat menjerat berita hoax sepertinya merupakan langkah tegas dari pemerintah untuk mencegah berita hoax, sebab apabila pemerintah tidak bertindak tegas, maka penyebaran berita hoax akan sangat menjadi-jadi sehingga sangat membahayakan masyarakat. Selain upaya dari pemerintah, tentunya kita sendiri juga harus menjadi pengguna sosial media yang cerdas dan bijak. Dengan menjadi pengguna media sosial yang cerdas dan bijak, tentunya kita juga harus selektif dalam mempercayai berita.

Kita harus cerdas dan mendeteksi apakah berita tersebut benar kenyataannya, atau hanya berita rekayasa yang sengaja disebarkan untuk menjatuhkan pihak tertentu. Dan yang paling penting, kita juga harus cerdas dalam berbagi berita. Jangan asal membagikan berita tanpa mendeteksi apakah berita tersebut fakta atau berita hoax. Dengan begitu, tentu Anda sendiri juga ikut berperan dalam mencegah beredarnya berita hoax. Nah selain itu, ada beberapa tips agar kita tidak terlibat dalam penyebaran berita hoax, diantaranya yaitu:

  • Berhati-hatilah dengan berita yang berjudul provokatif

Banyak sekali berita-berita hoax yang sengaja dibuat dengan judul yang sensasional. Misalnya di tahun politik ini, berita hoax biasanya diberi judul untuk menuding salah satu pihak tertentu. Meskipun isinya diambil dari berita media resmi, namun tentu ditambah bumbu-bumbu sehingga masyarakat memiliki persepsi lain yang tentunya sesuai dengan yang diinginkan penyebar berita hoax.

  • Perhatikan berita, apakah benar fakta atau opini belaka

Dalam hal ini, Anda dapat memperhatikan darimana berita tersebut berasal, apakah dari institusi resmi ataukah hanya dari sumber asal-asalan dan tidak jelas. Anda juga perlu mengamati berita yang beredar, apakah benar berita fakta yang memiliki kesaksian atau bukti, ataupun hanya berita opini yang merupakan pendapat dari seseorang tertentu saja.

Baca juga: Inilah 4 Cara Mengecek Keaslian Berita Hoax

  • Cermati situs penyebarnya

Menurut dewan pers, ada setidaknya 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita, namun yang terverifikasi kurang lebih hanya sekitar 300. Untuk itu tentunya banyak sekali situs-situs yang sepertinya menjadi ladang penyebaran berita hoax.

Nah itulah beberapa tips agar Anda tidak ikut-ikutan menjadi penyebar berita hoax. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *