Ciri-ciri Berita Hoax

By | September 8, 2018

Berita hoax merupakan berita bohong yang sengaja disebarkan oleh pihak tertentu untuk mengalihkan persepsi masyarakat terhadap pihak tertentu. Berita hoax biasanya bersifat menjatuhkan, dimana dibalik itu akan ada pihak yang diuntungkan. Di Indonesia sendiri merupakan salah satu ladang penyebaran berita hoax yang sangat menjamur. Dimana berita hoax biasanya disebarkan melalui media sosial sehingga akan memiliki banyak sasaran. Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Twitter merupakan media sosial yang saat ini dijadikan ladang untuk menyebarkan berita hoax oleh pihak-pihak tertentu.

Ciri-ciri Berita Hoax

Dalam hal ini tentu berita hoax akan sangat membahayakan, karena apabila terlalu banyak mengkonsumsi berita hoax, maka publik pun akan memiliki perpsepsi yang kurang obyektif terhadap suatu pihak. Berita hoax biasanya akan beredar sesuai dengan kondisi tertentu yang tujuannya adalah untuk menjatuhkan pihak-pihak tertentu dan menguntungkan salah satu pihak dibalik penyebaran berita hoax tersebut.

Sebenarnya pemerintah sendiri juga sudah menaruh perhatian dalam menangai penyebaran berita hoax ini, yaitu salah satunya dengan menjerat pelakunya dengan undang-undang nomor 11 Tahun 2008 tantang informasi dan transaksi elektronik juncto. Selain itu ada juga undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Baca juga: 5 Cara Mengidentifikasi Berita Hoax di Internet

Selain pemerintah, sebagai pengguna media sosial tentu kita juga harus bijak dan tidak mudah terprovokasi dengan berita hoax, apalagi sampai ikut-ikutan menyebarkannya. Jangan sampai keadaan bangsa ini ricuh hanya karena semua pihak mudah terprovokasi dengan berita hoax. Nah untuk itu, sebelum Anda mempercayai sebuah berita, tentu Anda bisa melihat apakah benar berita fakta ataukah hoax. Nah setidak ada beberapa ciri-ciri berita hoax yang bisa Anda jadikan acuan yaitu:

  1. Berita hoax biasanya berasal dari sumber yang tidak jelas dan juga tidak ada pihak yang bisa dimintai klarifikasi atau tanggung jawab.
  2. Berita hoax biasanya sengaja dibuat untuk  menciptakan kecemasan, permusuhan, atau kebencian antar sesama anak bangsa.
  3. Yang lagi marak saat ini yaitu berita hoax yang memanfaatkan fanatisme atas nama agama, ideologi, dan juga suara rakyat.
  4. Biasanya diberikan judul dan juga pengantar yang cukup provokatif. Dan pada bagian isi, biasanya ditambah bumbu-bumbu provokasi.
  5. Pada bagian awal atau akhir berita, biasanya meminta untuk di share ataupun di viralkan.
  6. Pada umumnya berita terlihat tidak netral, menguntungkan pihak penyebar, dan menyerang salah satu pihak lain.
  7. Biasanya berita hoax sengaja dibuat menggunakan argumen dan juga data yang cukup teknis sehingga terlihat ilmiah dan seolah-olah begitu nyata.
  8. Berita-berita yang ditulis yang jelas yaitu menyebunyikan fakta yang sebenarnya dan memelintir pernyataan-pernyataan dari narasumber.
  9. Yang jelas, berita hoax berasal dari situs-situs yang tidak jelas atau situs abal-abal yang kurang terpercaya.

Nah itulah beberapa ciri-ciri berita hoax, cukup sekian semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *