Seputar Perkembangan Internet

By | September 10, 2018

Perkembangan internet saat ini sangatlah pesat dimana dijaman modern ini hampir semua orang menggunakan internet. Internet sendiri kini juga sudah menjadi bentuk model kehidupan dimana berbagai basis kini sudah memanfaatkan internet. Iya, memang internet sendiri menawarkan komunikasi yang mudah, cepat, dan berjangkauan luas. Untuk  saat ini tentunya internet menjadi salah satu hal yang cukup digemari.

Seputar Perkembangan Internet

Dibalik perkembangan internet yang cukup pesat, ternyata masih banyak yang belum tau apa sih sebenarnya internet itu. Kebanyakan dari mereka hanya mendengar istilah tersebut tanpa mengetahui yang sebenarnya. Nah internet sendiri sebenarnya adalah interconnection networking yang merupakan sebah sistem komputer global yang saling menghubungkan antara satu dengan yang lainnya dengan jangkauan seluruh dunia yang mana menggunakan standart internet protocol suite. Nah sedangkan komunikasi di dalam internet disebut dengan computer mediated communication (CMC).

Mengenai sejarahnya, pada awal ditemukannya sebuah jaringan komputer, dimanfaatkan oleh militer Amerika serikat guna mengembangkan senjata nuklir guna mempermudah komunikasi ketika ada sesuai yang membahayakan. Nah barulah setelah itu dunia pendidikan pun mulai mempelajari jaringan komputer hingga pada akhirnya tahun 1970 internet sendiri sudah banyak digunakan di berbagai universitas di Amerika dan berkembang sampai dengan sekarang.

Perkembangan internet sendiri sepertinya dimulai pada tahun 1972 dimana kala itu Roy Tomlinson yang berhasil menyempurnakan program email yang telah ia ciptakan unti ARPANET sehingga kemudian langsung populer sebab kemudahan dalam mengirim pesan yang telah ditawarkannya. Kemudian pada tahun 1972 juga diperkenalkannya lambang “@” yang bertahan hingga sekarang. Dan setelah itu tahun 1973 jaringan komputer ARPANET mulai mengembangkannya hingga ke luar Amerika Serikat yang tepatnya pada University College di Londong. Yang mana universitas tersebut merupakan pemilik komputer pertama di luar Amerika yang menggunakan jaringan ARPANET.

Nah berawal dari sinilah maka mulai dikembangkannya TCP/IP dengan protocol yang memiliki standart yang disepakati secara luas hingga kini yang dikenal dengan “internet”. Nah setelah memasuki tahun 1956, akhirnya Unisovyet berhasil meluncurkan wahana luar agkasa yang dinamakan dengan sputnik. Kemudian pada tahun 1958 departemen pertahanan Amerika Serikat membentuk Advace Research Project Agency yang mana tujuannya adalah untuk mengembangkan teknologi yang sasarannya yaitu teknologi komputer.

Baca juga: Mengenal Sosok Onno Widodo Purbo, Pelopor Perkembangan Internet di Indonesia

Waktu semakin berlalu dan internet pun semakin berkembang hingga pada tahun 1994 – 1995 ISP komersial pertama mulai beroperasi di Indonesia dengan nama indonet. Adapun sambungan awal dari indonet yaitu internet yang dilakukan dengan menggunakan dial up yang mana pada awal aksesnya menggunakan metode teks dengan cell account dan broweser lyxn.  Kemudian barulah BBS di Indonesia melakukan akses telnet ke luar negeri dan mulailah masuknya TLD (Top Level Domain) hingga sekarang. Dan itulah sekilas tentang perkembangan internet, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *