Cara Membedakan Situs Terpercaya dan Situs Penipuan

By | September 11, 2018

Website saat ini merupakan salah satu media yang cukup memudahkan kita untuk mendapatkan  berbagai infomasi. Website mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari waktu ke waktu, hingga bermunculan ribuan situs yang ada di Indonesia mulai dari situs terpercaya hingga situs abal-abal. Semuanya tentu hampir-hampir mirip dan sulit untuk dibedakan, terutama untuk orang yang masih awam dengan internet pastinya akan kesulitan dalam membedakannya.

Cara Membedakan Situs Terpercaya dan Situs Penipuan

Seiring berkembangnya waktu, selain untuk mencari berbagai informasi, kini website pun juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat jual beli. Nah dimana jual beli melalui dunia maya kini sangatlah populer, dan berbagai macam barang mulai yang paling kecil hingga yang besar pun bisa dibeli dan jual melalui media online. Nah dalam melakukan hal tersebut tentunya harus berhati-hati karena Anda harus memastikan bahwa situs yang Anda kunjungi adalah situs terpercaya dan bukanlah situs abal-abal yang rawan akan kejahatan dunia maya.

Tentunya dalam memilih suatu situs, Anda harus mengetahui ciri-ciri apakah situs tersebut merupakan situs yang aman untuk dikunjungi ataukah situs yang kurang jelas. Untuk itu, maka kali ini kita akan membahas seputar perbedaan tentang situs terpercaya dan situs abal-abal. Nah untuk Anda yang belum mengetahuinya, silahkan simak ulasan berikut:

  • Teliti nama website yang kamu kunjungi

Belakangan ini banyak penjahat dunia maya yang mencuri data Anda dengan memanfaatkan insiden typo. Mereka membaca kemungkinan-kemungkinan kesalahan yang akan Anda lakukan dan membuatnya sebuah situs yang juga disulap semirip mungkin dengan website aslinya. Sebab akhir-akhir ini mulai marak pencurian data pribadi dengan menggunakan typosquatting. Adapun beberapa contohnya yaitu sebuah alamat dari facebook menjadi faceboook,  klikbca yang situs palsunya yaitu klickbca, dan masih banyak lainnya. tentunya Anda harus selalu waspada.

  • Cek domainnya secara detail

Biasanya website abal-abal akan menggunakan domain gratisan, hal tersebut tentunya memiliki tujuan untuk menghemat biaya serta menghindari pendaftaran dokumen secara lengkap seperti NPWP, SIUP, akta, atau dokumen-dokumen lainnya.

  • Coba cek HTTP ataukah HTTPS

Mungkin Anda sering cuek dengan alamat tersebut, apakah HTTP atau HTTPS karena memang keduanya sekilas tidak ada bedanya. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan, iya taukah Anda jika huruf “S” tersebut berarti “Secure” yang maksudnya adalah keamanana. Iya jadi website yang menggunakan HTTPS sudah tentu dijamin keamanan yang ditandai dengan ikon gembok.

Baca juga: Berikut Adalah Ciri-ciri Situs Terpercaya

  • Pastikan keamanan website tersebut

Nah website asli biasanya dilengkapi dengan footer atau berupa logo latau link yang mana mengacu pada penyedia keamanan. Untuk itu, saat memasukkan data pribadi tentunya Anda harus berhati-hati apalagi yang keamanannya belum jelas.

Nah itu dia beberapa cara membedakan antara situs terpercaya dengan situs abal-abal, selalu waspada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *