Waspadai Macam-macam Kejahatan Dunia Online

By | September 28, 2018

Dunia online atau dunia maya memang merupakan tempat dimana orang bisa berinteraksi dengan orang-orang lain diseluruh dunia. Dunia maya sendiri memang memiliki jangkauan yang cukup luas yang mana kita bisamelakukan interaksi dalam bentuk apapun. Kita juga dapat melakukan apapun tanpa banyak diketahui orang, karena dunia maya sendiri juga menyediakan sistem privasi sehingga pengguna bisa mengatur siapa saja yang dapat melihatnya.

Waspadai Macam-macam Kejahatan Dunia Online

Dari berbagai fitur yang ditawarkan, dunia online memberikan kemudahan kepada semua orang untuk melakukan apapun. Nah hal tersebut tentunya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melakukan hal-hal kebaikan dan adapula segelintir orang yang memanfaatkannya untuk kejahatan. Untuk itu tentunya sebagai pengguna dunia maya, tentu kita harus wasapada.

Kejahatan-kejahatan dunia maya atau sering disebut dengan cyber crime kini cukup marak tejadi. Dimana pelaku akan memanfaatkan kelengahan-kelengahan pengguna dunia maya lainnya untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan merugikan salah satu pihak. Setidaknya ada beberapa jenis kejahatan-kejahatan dunia online, yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Hacking

Hacking merupakan salah satu kejahatan dunia maya yang cukup marak terjadi. Dimana hacking sendiri merupakan kegiatan menyusup ke dalam sistem jaringan komputer milik orang lain. Dalam hal ini biasanya hacker merupakan orang-orang yang paham dengan komputer dan juga memiliki keahlian untuk membuat serta membaca suatu program. Nah dari situlah ia akan menemukan celah dari sistem keamanan komputer, dan dari situlah mereka bisa masuk ke dalam program komputer orang lain.

  1. Spamming

Spamming adalah kegiatan nyampah di akun orang lain. Salah satu contohnya adalah ketika mungkin Anda menerima notifikasi email yang menyatakakn bahwa Anda adalah orang yang memenangkan undian dan mendapatkan hadiah dari salah satu pihak. Itulah mungkin salah satu contoh dari spamming. Dalam hal ini tentu Anda juga harus berhati-hati, jangan mudah percaya dengan spam yang diberikan pihak lain kepada Anda.

  1. Cracking

Hampir sama dengan hacking, dimana kegiatan ini juga merupakan kegiatan menyusup ke sistem jaringan orang lain. Namun cracking sendiri biasanya adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penyusup sistem jaringan orang lain yang dimanfaatkannya untuk tindak kejahatan. Pada umumnya pelaku akan melakukan bypass pada password orang lain dan mengotak-atik isinya seperti mengubah tampilan web, menghapus data-data, dan bahkan bisa menonaktifkan sistem jaringan miliki orang lain.

  1. Phising

Kejahatan yang satu ini biasanya dilakukan dengan memancing user yang mana biasanya yang menjadi sasaran adalah pengguna internet bankiing. Dimana mereka biasanya memancing user untuk memasukkan username dan juga password-nya pada salah satu halaman web yang sudah di deface. Nah setelah user memasukkan username dan juga password-nya, maka terancam username beserta password tersebut akan menjadi milik dari penjahat tersebut. Hingga penjahat pun bisa memanfaatkan uang pada rekening si korban.

Baca juga: Beberapa Hacker Website yang Paling Dicari di Dunia

Nah itulah beberapa kejahatan yang terjadi di dunia online, tentunya Anda pun harus waspada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *