Cara-cara Menghindari Kejahatan Dunia Online

By | September 29, 2018

Dunia online memang membuat kita bebas untuk melakukan kegiatan apapun. Kini dunia online sudah dimanfaatkan dalam berbagai aktifitas mulai dari aktifitas pendidikan, aktifitas perdagangan, dan lain sebagainya. Kebebasan yang diberikan dunia online membuat sebagian orang bebas untuk melakuakn hal kebaikan dan adapula yang memanfaatkannya untuk hal kejahatan.

Cara-cara Menghindari Kejahatan Dunia Online

Sebagai pengguna dunia online yang bijak tentunya kita haru cermat, sebab berbagai warna seseorang juga terlibat dalam dunia maya. Seorang penjahat tentunya akan memikirkan berbagai hal untuk melancarkan aksinya termasuk dengan memanfaatkan dunia maya. Memang ada beberapa jenis kejahatan yang terjadi di dunia maya, untuk itu kita dituntut untuk selalu wasapada dalam menghadapinya. Nah untuk itu, kali ini kita akan berbagi tentang cara-cara untuk menghindari kejahatan-kejahatan di dunia maya, untuk lebih lengkapnya, silahkan di simak:

  • Waspadalah untuk ketika menggunakan akun

Perlu Anda perhatikan, sebagai seorang pengguna media sosial yang bijak, cobalah untuk tidak menggunakan akun Anda secara sembarangan. Sebab banyak sekali yang melakukan jebakan dengan memberikan tautan dimana disitulah pemiliki akun biasanya akan masuk ke dalam perangkap mereka. Dimana setelah Anda klik akun tersebut bisa saja anda secara tiba-tiba mendownload perangkat lunak yang berbahaya. Selain itu, jebakan juga terjadi dimana ketika Anda masuk pada tautan tersebut, maka penjahat akan dapat mencuri semua data informasi pribadi Anda. Dan tentunya hal tersebut sangatlah membahayakan dan haruslah diwaspadai.

  • Ketika membuat sebuah akun, pastikan Anda membuat kata sandi atau password yang rumit

Nah ketika Anda membuat akun, pastinya Anda akan diminta untuk membuat sebuah password yang tujuannya adalah untuk mengamankan akun Anda agar tidak mudah dimasuki orang lain. Dalam hal ini, cobalah untuk membuat password yang unik dan agak rumit sehingga orang lain pun akan sulit untuk mendeteksi password Anda. Dengan demikian, maka akun Anda pun akan lebih aman. Pastikan password yang Anda buat memenuhi unsur huruf besar, kecil, angka, maupun simbol.

  • Gunakan sistem pengamana terbaru

Pastikan Anda memiliki komputer, smartphone, ataupun tablet dengan perangkat lunak yang memiliki sistem pengamanan terbaru. Untuk lebih amannya lagi, Anda dapat menggunakan pengamanan berlapis atau sering disebut dengan otentikasi dua langkah. Selain mensyaratkan Anda untuk membuat password dan username, pengamanan ini juga mewajibkan Anda untuk memasukkan informasi yang hanya Anda saja yang tau.

Baca juga: Investasi Online Yang Bisa Mendatangkan Keuntungan

  • Waspadai jika muncul transaksi yang diluar kebiasaan

Dalam hal ini Anda tentu harus waspadai dengan transaksi-transaksi yang sepertinya mencurigakan. Sebab bisa saja Anda akan dijebak untuk memasukkan data sehingga berbagai data Anda pun akan dicuri.

Nah itulah beberapa tips agar Anda tidak terjebak dalam kejahatan dunia online. Selalu waspada dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *