Manfaat Media Sosial dalam Bidang Bisnis

By | October 2, 2018

Media sosial adalah hal yang cukup populer saat ini, dimana jika kita berbicara tentangnya maka tak akan ada habisnya. Hampir setiap orang di era milenial ini pastinya memiliki media sosial, dan itu pun tak cukup satu jenis. Sebab memang setiap media sosial menawarkan fiturnya tersendiri sehingga akan memberikan keseruan tersendiri. Setidaknya ada beberapa jenis media sosial yang cukup populer saat ini mulai dari facebook, whatsapp, instagram, twitter, dan lain sebagainya.

Manfaat Media Sosial dalam Bidang Bisnis

Berbagai inovasi yang dilakukan oleh pengembang media sosial sepertinya disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat, dimana mereka sepertinya menanti perkembangan-perkembangan terbaru dari media sosial sehingga dari situlah mereka akan menemukan keseruan yang lebih baru lagi. Perkembangan media sosial juga kini mulai dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengembangkan usahanya. Misalnya saja kita lihat, jika sekarang ini cukup marak jual beli yang dilakukan melalui media sosial. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa selain sebagai media komunikasi, media sosial sendiri juga sudah digunakan sebagai ajang untuk mengembangkan bisnis.

Saat ini memang sudah mulai banyak yang memanfaatkan media sosial sebagai lahan untuk mengembangkan bisnis mereka. Oh iya, lalu sebenarnya apa saja sih manfaat media sosial dalam dunia bisnis?

  • Sebagai media promosi

Mempromosikan produk melalui media sosial merupakan hal yang sangat populer saat ini. iya mengingat media sosial sendiri memungkinkan penjual untuk bisa mempromosikan produknya dengan jangkauan yang lebih luas, maka pemanfaatan tersebut sepertinya juga cukup efektif. Dalam hal ini penjual dapat mempromosikan produknya yang meliputi pengenalan produk, mengabarkan promo-promo yang sedang ditawarkan, serta memberikan informasi kepada calon pelanggan seputar produk yang ditawarkan.

  • Sebagai media untuk melihat selera pasar

Media sosial memang kini telah menjadi pusat kehidupan dari sebagaian masyarakat, dimana kini masyarakat lebih banyak menuangkan kehidupannya melalui media sosial. Coba deh, Anda bisa melihat berapa banyak orang yang curhat kepada media sosial setiap harinya, entah itu curhat mulai dari masalah percintaan, masalah keluarga, masalah sosial, hingga masalah kebutuhan hidup. Nah dari situlah maka Anda bisa melakukan survey tentang kebutuhan masyarakat saat ini, tentang bagaimana produk selera mereka saat ini. Nah dengan demikian maka Anda bisa datang dengan produk Anda sebagai solusi bagi masalah-masalah yang mereka hadapi.

Baca juga: Tips Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial

  • Target penjualan yang lebih meluas

Nah dengan mengunggah produk Anda ke media sosial, maka akan ada banyak sekali mata yang melihat produk Anda. Sebab media sosial sendiri memiliki jangkauan yang lebih luas, apalagi jika Anda memiliki follower yang banyak, tentunya itu sangat strategis untuk Anda manfaatkan sebagai kios online Anda.

Nah itulah setidaknya ada 3 fungsi media sosial dalam dunia bisnis, cukup sekian semoga bermanfat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *