Apa sih Media Sosial Itu?

By | October 3, 2018

Media sosial adalah salah satu hal yang populer saat ini, dimana banyak sekali pengguna media sosial di Indonesia yang terdiri dari usia anak-anak hingga dewasa. Maraknya media sosial tentunya tak lepas dari inovas-inovasi yang ditawarkannya sehingga muncul fitur-fitur yang memungkinkan setiap orang bisa berkomunikasi dengan cara yang seru dengan media sosial. Bahkan media sosial sendiri sudah menjadi trend di kalangan millenial yang mana salah satu ciri mereka adalah aktif di media sosial.

Apa sih Media Sosial Itu?

Meskipun banyak sekali penggunanya, namun ternyata masih banyak yang belum paham apa sih sebenarnya media sosial itu? Nah media sosial merupakakn media yang secara online dapat memungkinkan manusia untuk berinteraksi dengan lainnya tanpa ada batas ruang dan waktu. Media sosial sendiri memiliki jangkauan yang cukup luas bahkan hingga di seluruh dunia. Secara garis besar, media sosial sendiri dikelompokkan menjadi beberapa bagian diantaranya:

  1. Discuss yaitu media sosial yang memberikan fasilitas sekelompok orang untuk berkomunikasi atau melakukan obrolan. Beberapa contohnya yaitu google talk, skype, yahoo, phorum, dan lainnya.
  2. Social networks merupakan media sosial yang memungkinkan Anda untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Contohnya seperti Facebook, myspace, linked in, bebo, hi5, dan lainnya.
  3. Share yaitu media sosial yang memberikan fasilitas kepada kita untuk saling berbagi file, music, ataupun video. Contohnya seperti youtube, feedback, slideshare, crowdstrom, dan lainnya.
  4. Social game yakni media sosial yang berupa game yang bisa dimainkan secara bersama-sama. Contohnya doof, koongregate, pogo, hago, dan lainnya.
  5. Publish merupakan media sosial yang biasa digunakan untuk mempublikasikan sebuah tulisan. Contohnya seperti wikipedia, wordpredss, blog, wikia, dan lainnya.
  6. MMO contohnya yaitu warcraft, kartrider, conan, neoperts, dan lainnya.
  7. Livestream contohnya seperti froendsfreed, socializr, socialthings, dan lainnya.
  8. Livecast contohnya seperti blog tv, live, justin tv, dan lainnya.
  9. Micro blog contohnya seperti twitter, pownce, plurk, plazez, tweetpeek, dan lainnya.
  10. Virtual worlds contohnya imvu, habbo, starday, dan lainnya.

Nah itulah bebrapa jenis sosial media yang mana bisa memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi tanpa terbatas ruang dan waktu. Semua orang bisa saling berkomunikasi entah dimanapun jarak mereka, dan kapan pun waktunya. Tentunya dalam hal ini media sosial membawa dampak besar bagi kehidupan manusia.

Baca juga artikel menarik lainnya di onlineterpercaya.com

Dengan adanya media sosial, maka akan ada banyak sekali manfaat jika kita bijak dalam menggunakanannya. Dan begitu pula sebaliknya, jika kita tidak bijak dalam memanfaatkan media sosial, maka tentu akan ada banyak hal negatif yang akan Anda dapatkan. Untuk itu tetaplah bijak dalam bermedia sosial, jangan sampai lupa waktu dan jangan pernah menjadi budal media sosial sehingga Anda akan lupa dengan dunia nyata. Cukup sekian, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *