Teknologi Terbaru di Bidang Pertanian

By | October 5, 2018

Teknologi terbaru memang kini sudah merambah ke berbagai aspek kehidupan, bahkan di Indonesia sendiri yang sejak dulu sudah dikenal sebagai negara agraris tentunya juga harus memiliki teknologi terbaru guna meningkatkan hasil pertanian. Memang sebagai negara agraris yang memiliki jumlah penduduk yang sebagian besar bertani, maka sudah selayaknya anak bangsa untuk menciptakan teknologi berkelas dunia dalam bidang pertanian.

Teknologi Terbaru di Bidang Pertanian

Sebab pertanian sendiri sepertinya kurang mendapatkan perhatian yang serius dari para millenial, sebab sepertinya generasi saat ini mulai terfokus dengan pengembangan teknologi terbaru di bidang internet atau hal-hal lain yang serupa dengannya. Pada pertanian sendiri merupakan hal yang sangat penting, dimana dari pertanian kita akan mendapatkan sumber pangan dari bumi kita sendiri.

Dan semakin hari sepertinya kabar soal pertanian di Indonesia bukannya semakin bagus melainkan semakin mengalami kemunduran yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti kelangkaan pupuk, harga jual hasil pertanian yang rendah, adanya hama yang tak kunjung mendapat solusi, hingga semakin menyempitnya lahan pertanian akibat pembangunan.

Nah hal tersebut tentunya tidak boleh dibiarkan, sebab sebagai negara yang subur Indonesia harus menggalakkan bidang pertanian. Salah satunya adalah dengan menciptakan berbagai teknologi terbaru pada bidang pertanian untuk mempermudah para petani. Nah meskipun jarang mendapatkan perhatian dari generasi millenial, namun ada beberapa kabar menarik dari dunia pertanian, dimana kini telah ditemukan beberapa teknologi pertanian yang cukup membantu. Apasajakah teknologi terbaru itu? Simak berikut:

  • Penanam padi Jarwo

Jika dilihat dari namanya, pasti teknologi yang satu ini adalah karya anak bangsa yang tujuannya adalah untuk mempermudah petani dalam menanam padi. Iya benar, alat ini merupakan teknologi menanam padi dengan mengatur jarak penanaman antara padi satu dengan yang lainnya. Jarak yang diciptakan oleh teknologi ini tentunya diteliti dan terbukti hasilnya dapat meningkatkan produktifitas hingga 30% dari produksi sebelumnya. Oh iya, alat ini merupakan inovasi teknologi yang mendapatkan rekomendasi dari Litbang Pertanian Indonesia yang mana nama jarwo ini adalah singkatan dari jajar dan legowo. Alat ini awalnya diproduksi di jawa timur dan telah diakui secara nasional.

  • Alat pemanen padi indo combine harvester

Nah alat yang satu ini bisa digunakan untuk memanen dengan waktu yang lebih efektif, dimana untuk pada dengan ukuran sawah 1 hektar kini bisa dipanen dengan jangka waktu 4 sampai 6 jam.

 Baca juga artikel menarik lainnya di onlineterpercaya.com

  • Pengering kedelai Brangkasan

Teknologi terbaru ini adalah hasil inovasi dari putra bangsa yang bernama I Ketut Tastra, dimana alat ini memiliki beberapa komponen yang dapat mempercepat pengeringan kedelai agar tetap terjada mutu dan kualitasnya. Nah dengan dibekali kompor yang bisa dijadikan sebagai alat untuk sumber panas, ada juga blower yang fungsinya adalah sebagai aat untuk menghembuskan udara panas. Dengan alat ini, jika biasaya kedelai dapat dikeringkan dalam waktu 8 hari, maka kini bisa dikeringkakn hanya dengan waktu 1 hari saja.

Nah itulah beberapa teknologi terbaru dibidang pertanian, semoga bermanfaat, terus maju bidang pertanian Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *