Tips Bisnis Kuliner untuk Anda yang Masih Pemula

By | October 7, 2018

Halo guys, kali ini kita akan membahas seputar tips bisnis di bidang kuliner. Iya, bisnis kuliner sepertinya kini cukup menarik untuk kita bicangkan. Dimana bisnis kuliner sendiri sepertinya juga cukup  menguntungkan. Apalagi ketika ekonomi sedang melemah, maka salah satu bisnis yang masih bertahan adalah bisnis kuliner. Mengapa demikian? Iya karena setiap hari pastinya semua orang membutuhkan makan. Untuk itu bisnis kuliner merupakan sebuah solusi untuk Anda yang mencoba memulai bisnis.

Tips Bisnis Kuliner untuk Anda yang Masih Pemula

Selain memiliki beberapa kelebihan seperti yang telah dipaparkan diatas, bisnis kuliner sendiri juga memiliki kelemahan yang salah satunya adalah jumlah pesaing yang sudah cukup banyak. Sebab dari dulu sudah cukup banyak yang mendirikan berbagai tempat kuliner mulai warung sederhana, warung kaki lima, restoran cepat saji, hingga restoran mewah. Nah untuk itu mungkin Anda perlu tips bisnis kuliner agar bisnis kuliner Anda tetap mampu bersaing dan dapat menarik perhatian pelanggan. Lalu bagaimanakah kita memulai bisnis kulinier? Apasajakah hal yang perlu diperhatikan?

  • Identifikasi pasar Anda

Pasar adalah aspek penting dalam berbisnis, hal ini juga akan menjadi pertimbangan dalam Anda berbisnis. Segmentasi pasar merupakan kegiatan membagi suatu pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda yang tentunya memerlukan produk yang berbeda-beda pula. Dalam hal ini Anda juga bisa memikirkan bagaimana produk yang Anda pasarkan, tentang bagaimana pembuatan produk Anda, siapakah yang sekiranya berselera dengan produk Anda, dan inovasi apa yang Anda berikan pada pada produk Anda.

  • Carilah perbedaan antara produk Anda dengan produk lain

Dalam memulai bisnis, tentunya haruslah memiliki perbedaan dengan produk-produk yang lain, atau mungkin bisa dikatakan keistimewaan dari produk Anda. Hal ini biasanya disebut dengan USP ( Unique Selling Proposition). Hal tersebutlah yang harus Anda miliki sehingga Anda dapat bertahan dalam persaingan. Salah satu contoh pembeda dari produk lain misalnya Anda tampil dengan khas masakan yang dibuat dari 7 rempah rahasia, misalnya lagi bakso dengan ukuran paling jumbo sedunia, dan lain sebagainya.

  • Tentukan lokasi yang strategis

Lokasi juga menjadi salah satu faktor yang membuat bisnis Anda berjalan lancar ataukah tidak. Lokasi yang cukup strategis untuk berbisnis kuliner adalah lokasi-lokasi dimana pada tempat tersebut biasanya orang mulai merasakan lapar, misalnya di sekitar kampus, di dekat perkantoran besar, di jalan raya yang banyak di lalui, atau ditempat-tempat yang menjadi pusat lalu lintas. Namun jangan hanya mengandalkan lokasi, untuk menambah jangkauan bisnis Anda, maka Anda juga bisa memasarkannya melalui media sosial.

Baca juga artikel menarik lainnya di onlineterpercaya.com

  • Desain tempat Anda

Sekarang adalah jamannya media sosial, dimana biasanya para generasi millenial sangat hobi berfoto dan mengunggahnya di media sosial. Untuk itu mungkin Anda bisa mendesain tempat dengan dengan desain instagrambel yang menyediakan bacround yang cukup keren untuk berfoto, sehingga akan banyak orang yang tertarik mampir di tempat kuliner Anda.

Nah itulah beberapa tips bisnis untuk Anda yang ingin membuka bisnis kuliner, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *