Mau Investasi? Waspada dengan Investasi Bodong

By | October 8, 2018

Investasi bodong merupakan investasi ilegal yang tentunya sangat membahayakan. Biasanya investasi ini juga akan menjajikan keuntungan yang luar biasa, namun al hasil bukannya untuk tapi malah buntung yang di dapatkan. Untuk itu tentunya Anda harus berhati-hati saat akan terjun ke dalam dunia investasi. Jangan sampai Anda mudah tergiur dengan penawaran yang menarik, cobalah untuk menelusurinya terlebih dahulu deh.

Iya, memang saat ini banyak sekali modus kejahatan yang marak terjadi, salah satunya ya itu dia, investasi bodong. Tentunya kita harus waspada dengan penipuan yang berkedok investasi ini. Meskipun pihak keamanan sudah mencekal beberapa pelaku investasi bodong, namun sepertinya hingga kini masih tetap saja bermunculan. Dengan penawaran yang cukup menarik, tentunya akan banyak masyarakat yang menjadi korban investasi ilegal ini.

Mau Investasi Waspada dengan Investasi Bodong

Untuk itu, sebelum Anda terjun ke dunia investasi, alangkah baiknya jika lebih teliti dan cermat dalam menginvestasikan harta Anda. Nah untuk itu, kami disini akan membantu Anda untuk memberikan beberapa ciri-ciri daripada investasi ilegal ini, silahkan diamati dengan cermat ya.

  • Tidak adanya izin yang lengkap

Salah satu ciri daripada investasi ilegal yaitu tidak adanya perizinan otoritas yang sah secara lengkap. Nah pada umumnya, sebagai perusahaan dalam bidang investasi, keuangan ataupun penghimpunan dana masyarakat, hendaknya harus memiliki perizinan dari otoritas yang terkait yang meliputi otoritas jasa keuangan, Bank Indonesia, kementerian koperasi dan UKM,  badan pengawas perdagangan berjangka komoditi Indonesia, atau yang lainnya.

  • Menawarka keuntungan besar dan cepat

Nah ini dia salah satu ciri-ciri daripada investasi ilegal yang selanjutnya, yaitu menawarkan penghasilan yang begitu besar dan juga cepat. Contohnya saja jika seseorang bergabung dengan investasi tersebut, maka pemilik produk akan langsung memberikan keuntungan hingga 30% dari inevstasi. Dengan penawaran ini tentunya akan membuat masyarakat lebih tertarik dan mudah tergiur. Padahal jika kita bisa berfikir secara cerdas, tentunya hal tersebut sangat tidak masuk akal. Adapun produk investasi yang terpercaya biasanya tidak akan memberikan janji keuntungan yang secaa pasti di depan, dan biasanya hanya memberikan proyeksi ataupun perkiraan potensi keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor.

Baca juga: Investasi Online Yang Bisa Mendatangkan Keuntungan

  • Adanya ketidak jelasan dalam pengelolaan dana

Salah satu ciri lainnya yaitu pengelolaan dana yang disetorkan oleh investor tidak transparan atau tidak dijelaskan. Biasanya investor akan diajak untuk terus menyetorkan dana, tapi kemana dana tersebut diarahkan tidak dijelaskan secara gamblang. Mengapa demikian? Iya, karena pelaku investasi ilegal biasanya menggunakan dana yang masuk dari peserta untuk kepentingan perutnya sendiri. Untuk itu mereka selalu mengalihkan perhatian kita dengan janji-janji keuntungan yang besar agar masyarakat mudah tergiur dan semakin banyak yang masuk ke dalam perangkap.

Oke sahabat, sekali lagi harus hati-hati ya, jangan sampai kita terjebak dalam investasi bodong. Bukannya mendapat untuk, eh malah buntung. Untuk itu selalu waspada ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *