Mengenal Lebih Jauh Mengenai Reksadana Sebelum Memulai Investasinya!

By | October 10, 2018

Sekarang ini, masyarakat Indonesia kian melek finansial dan berusaha mempelajari berbagai macam instrument investasi. Berbagai pertanyaan mengenai pengertian reksadana pun diajukan demi mendapatkan jawaban yang memuaskan. Tidak jarang, masyarakat mengikuti kelas-kelas investasi ataupun mencari informasi mengenai definisi reksadana dengan berselancar di dunia maya. Untuk diketahui lebih lanjut, reksadana adalah sekumpulan dana investor yang dikelola oleh seorang manajer investasi untuk nantinya dibelikan saham, obligasi, atau instrument keuangan lainnya yang menguntungkan bagi investor. 

Saking diminatinya, reksadana sebagai instrument investasi saat ini sudah memiliki lebih dari 800 produk yang dijual di seluruh Indonesia. Mengingat kondisi ini, masyarakat tentu harus pintar dan memahami dengan baik tujuan dan profil risiko dari investasi reksadana. Penting bagi Anda untuk membaca prospectus reksadana jika ingin mengeluarkan uang untuk berinvestasi pada sektor ini. Anda juga bisa membaca dokumen Fund Factsheet yang diterbitkan sebulan sekali oleh Manajer Investasi (MI). Apa itu Fund Facsheet? Funf Factsheet inilah yang berisi laporan kinerja bulanan dan ringkasan mengenai berbagai informasi penting dari prospektus reksadana.

Reksadana yang saat ini cukup populer antara lain:

1.     Reksadana pasar uang

Reksadana ini seluruhnya ditepatkan pada deposito, SBI, dan obligasi. Reksadana jenis ini memiliki risiko yang lebih rendah dan keuntungan yang rendah juga. Jangka waktu investasinya pun kurang dari 1 tahun.

2.     Reksadana pendapatan tetap

Dananya dialokasikan sebesar 80% ke obligasi dengan potensi keuntungan lebih besar daripada reksadana pasar uang. Jangka waktu investasinya 1—3 tahun.

3.     Reksadana campuran

Alokasi dananya pada berbagai instrumen keuangan. Potensi keuntungannya relatif lebih tinggi dari reksidana pendapatan tetap. Jangka waktu investasinya 3—5 tahun.

4.     Reksadana saham

Alokasi dananya 80% ada pasar modal atau saham. Potensi keuntungannya lebih besar dibanding jenis reksadana lainnya. Meski begitu, risiko yang diimiliki juga jauh lebih besar dengan jangka waktu investasi di atas 5 tahun.

Cara investasi reksadana pun terbilang mudah. Reksadana saat ini dapat langsung dibeli dari institusi yang mengelola atau menerbitkan produk reksadana, dalam hal ini Manajer Investasi. Keuntungan yang didapatkan apabila Anda membeli langsung pada MI adalah  jumlah investasi yang lebih terjangkau dengan total biaya yang lebih murah dibanding bila Anda membelinya di tempat lain. Bahkan beberapa Manajer Investasi akan menawarkan produk reksadana dengan pembelian minimal 100 ribu rupiah saja.

Anda pun dimudahkan jika ingin melakukan investasi reksadana. Tidak hanya melalui MI, Anda dapat melakukan pembelian reksadana melalui bank yang memiliki izin sebagai APERD (Agen Penjual Reksadana). Keuntungan yang Anda dapatkan adalah pilihan produk yang lebih banyak, membeli reksadana dari MI yang berbeda, hingga adanya fasilitas autodebet.

Tidak hanya itu, kini begitu banyak mekanisme investasi online yang terjamin keamanannya. Reksadana online pun kini sudah ada di dalam genggaman Anda. Bukalapak sebagai salah satu ecommerce terbesar di Indonesia pun kini telah mengeluarkan produk Bukareksa. Pastikan Anda telah menjadi pengguna Bukalapak, maka Anda akan dengan mudah berinvestasi reksadana melalui Bukareksa secara aman dan nyaman.

Berbagai keuntungan ditawarkan oleh Bukareksa. Dengan berinvestasi melalui Bukareksa, Anda dapat memulai investasi dengan dana minimum 10.000 rupiah. Tentu ini sangat terjangkau dibandingkan dengan investasi minimum pada instrument reksadana lainnya. Keuntungan lainnya adalah Anda tidak perlu ribet mengurus ini dan itu, hanya dengan memilih produk yang diinginkan secara online dan memasukkan data yang dibutuhkan, Anda sudah bisa menginvestasikan dana Anda pada reksadana. Keuntungan yang tidak kalah menggoda adalah dana investasi pada bukalapak bisa dicairkan kapanpun sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mudah kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *