Tips Untuk Anda yang Ingin Belanja Online

By | October 15, 2018

Belanja online sepertinya kini sudah menjadi trend baru dikalangan masyarakat. Dimana masyarakat kini mulaih beralih pada trend belanja online dibanding dengan belanja secara offline. Memang sih, ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan saat kita berbelanja online mulai dari diskon, promo, hingga waktu yang lebih efisien.

Memang jika kita belanja online, tentu kita tidak perlu repot-repot pergi ke toko untuk memilih barang. Hanya dengan melalui smartphone, kita bisa memilih berbagai barang yang kita inginkan. Kemudian tinggal klik, bayar, dan barang pun akan diantarakan oleh jasa pengiriman barang. Tentunya sangat simpel bukan? Selain itu kini banyak situs-situs online yang menyediakan berbagai jenis barang dengan promo yang cukup menggiurkan.

Tips Untuk Anda yang Ingin Belanja Online

Namun perlu diketahui pula, dibalik beberapa kelebihannya, belanja di media online tentu juga memiliki beberapa kekurangan yang diantaranya yaitu kita tidak bisa mengetahui secara pasti barang yang akan kita beli, selain itu kita juga harus menunggu beberapa hari untuk proses pengiriman. Nah untuk Anda nih yang masih ragu untuk berbelanja secara online, berikut kami akan berbagi tips berbelanja online yang aman dan nyaman.

  1. Lakukan pengamatan dan track record dari situs toko online yang Anda tuju. Anda juga bisa memeriksa identitas seputar kontak person, alamat, penanggung jawab, dan lainnya.
  2. Jangan mudah memberikan data pribadi Anda seperti identitas lengkap, ATM, kartu kredit, atau yang lainnya.
  3. Pastikan baca dengan teliti bagaimana peraturan jual beli pada situs tersebut. Bagaimanakah kebijakan dari situs tersebut jika ternyata barang yang dikirimkan terdapat cacat atau tidak sesuai dengan pemesanan.
  4. Upayakan untuk menggunakan password yang berbeda-beda saat melakukan transaksi. Hal ini tentu untuk mengantisipasi pencurian data pribadi Anda.
  5. Ketika Anda klik “beli”, cobalah untuk memperhatikan browser bar. Tentang apakah terdapat gambar gembok atau tidak, sebab hal tersebutlah yang menjadi tanda apakah situs tersebut benar aman atau tidak.
  6. Saat bertransaksi, biasanya situs belanja online menawarkan berbagai cara mulai dari via paypal, kartu kredit, atau juga bisa transfer langsung via bank. Nah untuk Anda yang masih pemula, disarankan untuk melakukan transaksi via transfer langsung. Hal tersebut lebih aman dibanding dengan menggunakan kartu kredit.
  7. Ketika barang telah sampai, maka segeralah untuk di cek apakah barang tersebut telah benar sesuai dengan pesanan.
  8. Apabila ada ketidaksesuaian antara barang yang dipesan dan yang dikirim tidak sesuai, maka segeralah untuk menanyakan melalui fasilitas kontak support pada web yang ada. Lakukan pengaduan dengan cara yang santun dan damai.

 Baca juga artikel menarik lainnya di onlineterpercaya.com

Nah itu dia sob beberapa tips untuk Anda yang ingin mencoba belanja online, semoga bermanfat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *