Mengapa Perkembangan E-Commerce Begitu Cepat di Indonesia? Berikut Faktor pendukungnya!

By | October 21, 2018

Kalau biacara soal salah satu industri yang paling berkembang di Indonesia, tentu jawabnya adalah e-commerce. Dimana perkembangan e-commerce di Indonesia kini berkembang sangat pesat. Kini pertumbuhan e-commerce sangat pesat dimana minat masyarakat kini sudah mulai beralih ke e-commerce.

Mengapa Perkembangan E-Commerce Begitu Cepat di Indonesia Berikut Faktor pendukungnya!

Untuk tahun ini, memang e-commerce sudah mulai berkembang, dan diprediksi perkembangan e-commerce sendiri akan lebih melesat lagi di beberapa tahun ke depan. Dimana memang e-commerce sendiri menawarkan beberapa kemudahan-kemudahan sehingga masyarakat pun kini mulai beralih hobi untuk belanja di suatu e-commerce yang populer dan terpercaya.

Faktor praktis dan hemat waktu menjadi asalan mengapa masyarakat mulai tertarik untuk belanja di e-commerce. Selain itu banyak faktor lainnya seperti tertarik dengan promo yang ditawarkan, hingga malas untuk berbelanja di toko fisik. Untuk itu mari kita telusuri lebih lanjut deh, sebenarnya apa sih yang menjadi faktor berkembangnya e-commerce di Indonesia?

  1. Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi kelas menengah terbanyak di dunia. Selain itu, tingkat masyarakat yang memiliki jiwa konsumerisme juga cukup banyak. Sehingga sifat tersebutlah yang mendorong seseorang untuk suka berbelanja. Dengan demikian maka secara otomatis akan membantu perkembangan e-commerce menjadi lebih cepat di Indonesia.
  2. Pengguna internet di Indonesia yang cukup tinggi juga menjadi faktor mengapa e-commerce bisa berkembang cepat di Indonesia. Dengan jumlah pengguna internet yang cukup tinggi tersebut, tentunya sangat mudah untuk menggait pelanggan melalui media internet. Sebab hanya dengan sekali upload, bisa ribuan bahkan jutaan pasang mata yang bisa melihat produk tersebut.
  3. Mungkin salah satu faktor mengapa pengguna internet di Indonesia adalah murahnya harga smartphone di Indonesia. Dengan demikian, maka secara otomatis akan membantu berkembangnya penggunaan internet di Indonesia. Dan secara otomatis juga dapat menjadi faktor pendukung berkembangnya e-commerce di Indonesia.
  4. Sistem pembayaran di Indonesia yang sudah mulai berkembang membuat hal tersebut memudahkan transaksi antar penjual dan pembeli melalui e-commerce. Selain itu berkembangnya sistem pengiriman barang yang begitu cepat juga menjadi salah satu faktor yang membuat e-commerce berkembang dengan baik di Indonesia. Bayangkan jika sistem pembayaran dan pengiriman barang tidak secanggih sekarang, pasti peminat belanja di e-commerce pun tidak sebanyak sekarang.
  5. Nah salah satu faktor pendukung dari berkembangnya sistem jasa pengiriman barang adalah berkembangnya infrastruktur yang dibangung oleh pemerintah. Dengan infrastruktur bagus, tentunya turut menjadi faktor pengiriman barang yang cepat sampai ke tujuan. Dan secara tidak langsung faktor tersebut juga ikut mendukung berkembangnya e-commerce di Indonesia.

Baca juga: Informasi Online Mengenai Jenis-Jenis Perusahaan E-commerce Indonesia

Nah itu dia 5 faktor yang menjadi penyebab perkembangan e-commerce di Indonesia cukup bagus. Lalu untuk Anda sendiri bagaimana? Sudah tertarik untuk belanja melalui e-commerce?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *