Inilah Ciri Transaksi Jual Beli Online Anda Aman dan Tidak Merugikan

By | October 24, 2018

Belanja online sepertinya sudah menjadi kebiasaan setiap orang saat ini, apalagi banyak situs online yang memberikan penawaran terbaik mereka. Sejak pertama kali muncul memang berbelanja online sudah membuat banyak orang melupakan kegiatan belanja pada umumnya, Bahkan jika dilihat dari transaksi jual beli yang terus mengalami peningkatan membuktikan bahwa masyarakat semakin banyak memilih situs online dari pada toko konvensional seperti mall dan lain sebagainya. Nah, jika untuk Anda sendiri apakah mengalami hal yang sama?

Inilah Ciri Transaksi Jual Beli Online Anda Aman dan Tidak Merugikan

Proses jual beli online memang memberikan banyak sekali keuntungan baik untuk pembeli ataupun penjualnya. Untuk konsumen sudah jelas terlihat jika melalui online prosesnya lebih mudah, lebih gampang, lebih cepat dan lebih praktis. Begitu pula untuk penjual yang berkesempatan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar. Ya, pemasaran yang lebih mudah melalui online membuat keuntungan meningkat tajam tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya. Namun, banyaknya kelebihan tersebut tidak serta merta berjalan baik semaunya. Terbukti masih ada beberapa yang mengalami kerugian atas proses tersebut, terutama konsumen.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas seperti apa ciri sebuah transaksi melalui online yang aman, terpercaya dan tentunya tidak merugikan satu dengan lainnya. Berikut ini ada beberapa poin yang bisa Anda perhatikan dengan baik sebagai konsumen yaitu:

  • Alamat toko.

Pertama Anda bisa melihat dari alamat yang tertera pada bio toko, apakah penjual menggunakan blog gratisan ataupun asli. Hal ini bisa terlihat jelas mana yang merupakan jenis situs tipu-tipu dan mana yang asli. Sekecil-kecilnya toko online pasti akan memberikan gambaran mengenai alamat secara nyata sebagai bukti.

  • Pemaksaan.

Tidak sedikit penjual yang ingin mendapatkan keuntungan lebih melakukan pemaksaan kepada mereka konsumennya. Nah, Anda sebagai konsumen harus paham mana yang benar-benar transaksi jual beli yang aman mana yang melayani dengan pemaksaan. Misalnya saja memaksa melakukan pembayaran dengan segera dan lainnya.

Baca juga: Tips Aman Melakukan Transaksi dan Belanja Online

  • Periksa nomor telepon.

Ciri yang selanjutnya bisa Anda lihat dari nomor yang digunakan oleh penjual toko online, jika itu nomor pribadi ataupun nomor kantor perlu untuk diperhatikan secara baik. Ini merupakan salah satu ciri yang paling penting untuk menilai seberapa berkualitasnya toko tersebut.

Selain tiga hal diatas Anda perlu memahami pula beberapa poin lainnya seperti produk yang ditawarkan, kejelasan produk, harga yang ditawarkan, ataupun feedback dari para konsumen yang sebelumnya. Nah, dengan memperhatikan beberapa hal tersebut dengan baik pasti Anda bisa menilai sendiri mana transaksi jual beli yang aman mana yang tidak tepat atau hanya melakukan penipuan. Semoga sekian banyak ulasan diatas memberikan gambaran kepada Anda untuk dapat memilih tempat belanja yang paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *