Waspada! Kenali 5 Ciri-ciri Investasi Bodong Berikut!

By | October 25, 2018

Investasi ilegal tau yang sering juga disebut dengan investasi bodong ini sebenarnya adalah penipuan yang berkedok investasi. Iya, memang saat ini kejahatan sangat marak, bahkan pelakunya membungkusnya dengan kemasan yanga lembut dan cukup menarik. Sehingga secara tak sadar banyak dari masyarakat kita yang secara tidak sadar telah menjadi korban kejahatan.

Waspada! Kenali 5 Ciri-ciri Investasi Bodong Berikut!

Investasi bodong sebenarnya merupakan modus kejahatan yang sudah tidak baru lagi, sudah banyak yang menjadi korban dari kejahatan bermodus investasi ini. Biasanya pelaku memberikan iming-iming yang cukup menarik dan cukup fantastik, sehingga masyarakat pun akan mudah tergiur dengan investasi ini.

Nah untuk itu kita harus cermat dan waspada ketika akan masuk ke dalam dunia investasi. Kita harus teliti dan cerdas dalam memilih perusahaan untuk menginvestasikan harta kita. Jangan sampai mudah tertarik dengan keuntungan yang ditawarkan, harus kita pelajari lagi dengan teliti. Nah untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami akan menyajikan ciri-ciri investasi ilegal. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ciri-cirinya:

  • Biasanya tidak menyebutkan risiko dari investasi tersebut

Nah silahkan dicermati, salah satu ciri dari investasi ilegal yaitu tidak dijelaskannya risiko yang kemungkinan terjadi. Mereka biasanya menenggelamkan korban dengan selalu menggembor-gemborkan keuntungan yang besar tanpa dijelaskan risikonya. Padahal salah satu prinsip daripada investasi yaitu “high risk, high return” yaitu semakin tingginya potensi keuntungan, maka semakin tinggi pula risiko yang akan And dapatkan.

  • Biasanya menggandeng tokoh-tokoh yang terkenal untuk mengelabuhi korban

Biasanya seseorang akan mudah percaya dan mengikuti apa yang dilakukan dengan seorang tokoh yang besar. Nah sepertinya cara itu juga dimanfaatkan oleh pelaku investasi bodong. Dimana tak segan-segan mereka mencatut nama daripada seorang dari tokoh besar entah itu publik figure, pemuka agama atau yang lainnya. Mereka bisa saja mencatut nama tokoh besar tanpa sepengetahuannya, yang tujuannya tentu untuk memperdaya masyarakat agar ikut dalam investasi tersebut.

  • Tidak menjelaskan secara rinci tentang pengelolaan dana

Yang perlu Anda cermati lagi saat berinvestasi yaitu penjelasan seputar arah pengelolaan dana. Investasi yang terpercaya biasanya akan menjelaskan pengelolaan dana yang masuk secara rinci. Namun investasi bodong tentu tidak, sebab dana yang masuk bukannya dikelola, tapi dihabiskan untuk keperluannya sendiri.

  • Tidak mengantongi izin secara lengkap

Nah ciri lainnya yaitu tidak adanya izin secara lengkap dari perizinan otoritas yang sah. Biasanya perizinan tersebut meliputi perizianan dari otoritas terkait, OJK, BI, Bappebti, kementerian koperasi dan UKM.

Baca juga: Mau Investasi? Waspada dengan Investasi Bodong

  • Menawarkan keuntungan yang tidak masuk akal

Sekali lagi perlu diingat, bahwa investasi bodong biasanya menawarkan keuntungan yang begitu besar dan pasti, hal tersebut tentunya bukanlah hal yang masuk akal. Untuk itu Anda harus waspada dengan penawaran tersebut.

Itu dia 5 ciri-ciri dari invetasi bodong, untuk itu kita harus selalu waspada ya. Jadilah investor yang cerdas sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *