Home Blogging Begini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatanmu

Begini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatanmu

by Erin Nuzulia
cek saldo bpjs

BPJS Ketenagakerjaan adalah badan yang mengelola jaminan ketika kamu penjadi seorang pekerja. Jaminan ini bisa kamu cairkan ketika kamu sudah tidak bekerja atau bisa kamu cairkan pada saat kamu sudah pensiun. Tentunya untuk mendapatkan itu semua, ada iuran yang perlu dibayarkan tiap bulannya. Biasanya iuran ini secara langsung memotong gaji kamu setiap bulan. Mungkin ada di antara kamu yang kurang tahu Cek saldo BPJS itu. Padahal saldo dalam BPJS merupakan tabungan kamu baik disadari ataupun tidak disadari. Untuk Cek saldo BPJS terbilang mudah terlebih ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

cek saldo bpjs

Iuran bulanan BPJS sebagian besar memang dibayarkan oleh perusahaan, jadi jangan heran jika suatu saat kamu mencairkan saldo BPJS akan ada dana yang cukup banyak jika masa bekerja kamu juga lama. Sebagian iuran juga didapatkan dari memotong secara langsung penghasilan peserta BPJS. Kedua iuran tersebut akan menjadi saldo yang dikelola oleh BPJS dalam bentuk investasi. Seperti yang sudah diinfokan sebelumnya ada beberapa cara untuk Cek kira-kira berapa si Saldo BPJS kamu saat ini. Berikut cara yang bisa kamu tempuh.

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan aplikasi BPJSTKU

Jika kamu termasuk peserta BPJS, kamu bisa mengecek Saldo Jaminan Hari Tua melalui aplikasi mobile yang resmi dihadirkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Tentunya kamu perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut di Playstore ataupun Appstore.

Setelah berhasil terunduh, kamu bisa langsung log in atau jika belum terdaftar kamu bisa melakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk registrasi, kamu perlu menyiapkan Nomor BPJS Ketenagakerjaan dan NIK. Setelah urusan login dan registasi sudah berhasil, di dalam aplikasi BPJSTKU terdapat beberapa menu.

Baca Juga:  Cara Mudah Aktivasi BNI Internet Banking!

Karena kamu ingin mengecek Saldo, pilihlah menu Lihat Saldo. Setelah itu kamu akan mendapatkan informasi berupa rincian saldo Jaminan Hari Tua kamu.

cek saldo bpjs

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi BPJS

Cara yang kedua untuk bisa mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu adalah melalui website resmi BPJS. Kamu cukup masuk ke sso.bpjsketenagakerjaan. Sama seperti penggunaan aplikasi, jika kamu sudah terdaftar kamu bisa langsung login dengan email dan password yang kamu miliki.

Namun jika belum, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan NIK dan nomor BPJS Ketenagakerjaan yang kamu miliki. Setelah berhasil login ataupun registasi, kamu akan dihadapkan pada beberapa menu salah satunya adalah untuk melihat Saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Pilih menu Lihat Saldo JHT, tunggu beberapa saat hingga informasi saldo kamu muncul.

3.Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mengunjungi kantor BPJS

Cara terakhir untuk mengetahui Saldo BPJS adalah dengan mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Cara ini terbilang mudah namun memerlukan usaha lebih dengan mengunjungi kantor BPJS dan antre jika pada hari kunjungan terdapat banyak peserta BPJS lain dengan berbagai macam keperluan mereka.

Di kantor BPJS, kamu cukup menemui customer service yang bertugas. Setelah itu katakanlah maksud dan tujuan kamu yaitu ingin mengetahui Saldo BPJS. Tentunya jangan lupa membawa Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan KTP, karena customer service akan meminta dua hal tersebut. Setelah itu customer service akan memberikan rincian saldo JHT dalam bentuk hardcopy.

Nah itu dia tiga cara mudah mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu. Selain BPJS Ketenagakerjaan, ada juga BPJS Kesehatan. Cek saldo BPJS kesehatan juga tidak akan seribet yang kamu bayangkan kok.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More