Home Finance Berikut Ini Mudah Cara Daftar NPWP Online

Berikut Ini Mudah Cara Daftar NPWP Online

by Sarah Amelia

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentunya salah satu kontribusi yang bisa kita lakukan untuk bangsa ini adalah membayar pajak.  Sebagai warga negara yang memiliki kewajiban membayar pajak, kita harus memiliki NPWP. Pasti kamu sering mendengar kan istilah NPWP? Apa itu NPWP? NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, kamu bisa, lho daftar NPWP online. NPWP akan diberikan kepada kita berupa kartu yang berisi nama dan nomor pokok wajib pajak kita. Nomor inilah yang akan kita gunakan untuk memenuhi kewajiban dalam urusan perpajakan.

Siapa saja sih yang wajib membayar pajak? Kita semua wajib membayar pajak apabila kita telah memiliki penghasilan yang kita peroleh baik dari bekerja sebagai pekerja tetap, maupun dari berdagang atau berbisnis. NPWP ini adalah barang penting yang harus dimiliki oleh kita semua. Banyak hal yang membutuhkan NPWP sebagai persyaratannya. Misalnya kamu ingin mengajukan kredit di Bank, maka salah satu persyaratan wajibnya adalah kamu harus memiliki NPWP ini.  Sesuai dengan peraturan undang-undang yang sudah ada, kamu akan terkena sanksi apabila kamu tidak melakukan kewajibanmu membayar pajak penghasilan.

Lagi-lagi, era digital memudahkan urusan kita dalam banyak hal, termasuk daftar NPWP online. Kini kamu tidak perlu cemas jika kamu belum memiliki NPWP sebab pendaftarannya dapat dilakukan secara online. Kamu bisa mendaftar NPWP kapan pun dan di mana pun cukup mengandalkan internet dan laptop saja.

Berikut Ini Mudah Cara Daftar NPWP Online

Apa saja tahapan yang harus kamu lakukan untuk membuat NPWP? Yuk simak ulasannya berikut ini.

  1. Membuat Akun Ereg Pajak

Demi mendapatkan kemudahan mendaftar NPWP, kamu bisa membuat akun terlebih dahulu di website https://pajak.go.id/ yang telah disiapkan oleh Ditjen Pajak. Isilah kolom-kolom yang telah disediakan dan ikuti petunjuknya. Aktivasi akun akan dikirimkan via email, jadi ada baiknya kamu rajin-rajin mengecek email ya.

  1. Siapkan Persyaratan

Selain pendaftaran yang sangat mudah dilakukan via online, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen yang menjadi persyaratan wajib dalam membuat NPWP online. Ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan, di antaranya yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk) bagi kamu yang memang asli warga negara Indonesia, sedangkan untuk warga negara Asing, pastinya harus mempersiapkan paspor. Jika kamu membuat NPWP untuk bisnis, kamu harus memiliki izin usaha yang legal dari instansi yang berwenang.

Baca Juga:  Mau Transaksi BCA-mu Aman? Gunakan VPN Tarumanagara BCA

Untuk NPWP pribadi, dokumen yang harus disiapkan antara lain yaitu KTP, dan juga Paspor atau KITAS untuk warga negara asing dan foto kopi kartu keluarga. Persyaratan-persyaratan yang tersebut nantinya harus diupload di web yang sudah tersedia. Jika kamu sudah mengupload dokumen-dokumen tersebut, kamu cukup mencari tombol “Token” biasanya ada di bagian dashboard web. Kemudian kamu akan menerima email, copy paste token tersebut dan kirim permohonan.

Setelah semua proses pendaftaran dilakukan, kamu bisa mengecek pengajuan NPWP tersebut, jika disetujui, kartu NPWP akan dikirim ke alamat tempat tinggal kamu selama kurang lebih 10 hari kerja dari tanggal pendaftaran kamu disetujui.

Jika kamu merasa ingin melakukan pendaftaran melalui cara langsung, kamu bisa mendatangi kantor KPP Pajak yang ada di daerahmu. Persyaratan yang harus kamu bawa sama dengan persyaratan jika kamu mendaftar secara online.

Nah, itu dia cara mendaftar NPWP yang bisa kamu lakukan, untuk lebih jelas bisa baca di sini. Taat bayar pajak adalah kewajiban kita sebagai warga negara yang baik.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More