Home Finance E-Filling: Cara Lapor Pajak Online dengan Praktis

E-Filling: Cara Lapor Pajak Online dengan Praktis

by Erin Nuzulia
Cara Lapor Pajak Online

Ketika kamu sudah bekerja dan berumur, maka kewajibanmu akan bertambah, salah satunya membayar pajak. Sebagai warga negara yang baik, membayar pajak merupakan kehidupan bernegara paling dekat dengan kegiatan sehari-hari. Apalagi jika penghasilan kamu telah di atas Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP) sebesar 54 juta rupiah per tahun. Tidak ada alasan lagi untuk menunda bayar pajak. Ditambah lagi, seiring perkembangan zaman, Dirjen Pajak Kementrian Keuangan makin memperbaharui metode pelayanan publiknya lewat cara lapor pajak online yang dikenal sebagai E-Filling.

E-Filling adalah cara lapor pajak online yang dirilis oleh Direktorat Jendral Pajak. Fasilitas ini memudahkan publik untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan atau SPT dengan cara online melalui situs resmi kantor pajak http://DJPonline.pajak.go.id yang pertama kali rilis pada tahun 2011. Metode tersebut sangat digandrungi publik dan berkembang secara signifikan. Pada 2017, hampir 7 juta warga negara menggunakan fasilitas ini untuk memudahkan mereka menjalani kehidupan kewarganegaraan yang baik.

Cara Lapor Pajak Online

Hal ini tentu mengacu pada sistem yang praktis, cepat, mudah, murah, dan bisa dibilang sangat efisien. Sebagai warga negara yang wajib membayar pajak, pengguna tidak perlu lagi berlelah-lelahan ke kantor pajak dan mengantre dengan sabar. Cukup membuka situs tersebut dan ikuti tata cara yang diberitahukan, jadilah para pengguna itu warga negara yang baik. Begitu juga soal bukti, segala aktivitas administrasi yang berlangsung di situs tersebut akan otomatis disampaikan ke email pengguna.

Aktivitas tersebut tidak hanya menguntungkan publik, tetapi juga memudahkan petugas kantor pajak sebagai pengelola administrasi. Dengan adanya fasilitas online, petugas kantor tidak perlu lagi mengurusi berbagai orang dari latar belakang dan keperluan berbeda-beda dengan cara tatap muka langsung. Betapa mudahnya hidup di zaman teknologi, informasi, dan komunikasi yang semakin maju.

Baca Juga:  Tahukah Anda 3 Jenis Kurs BCA?

Untuk melakukan aktivitas E-filling, dalam tulisan ini hanya dibahas untuk perorangan saja, hal pertama yang mesti dilakukan adalah mengajukan PIN ke kantor pajak terdekat. PIN itu nantinya akan dipakai untuk membuat akun di situs resmi dirjen pajak. Untuk mengajukan PIN, pembayar pajak harus mendatangi kantor pajak tanpa diwakilkan/dikuasakan oleh orang lain. Benar-benar harus dilakukan sendiri. Di kantor pajak nanti, pembayar pajak akan diberi formulir yang harus diisi dan ditandatangin untuk permohonan aktivasi PIN. Setelah diisi, kembalikan formulir tersebut dengan melampirkan surat asli KTP/Paspor/Kitas/Kitap dan NPWP. Untuk surat aslinya pasti dikembalikan. Setelah selesai melakukan administrasi tersebut, petugas kantor pajak akan memberikan PIN dalam waktu 1 x 24 jam.

Cara Lapor Pajak Online

Setelah mendapatkan PIN, maka pengguna harus mendaftarkan diri sebelum PIN itu hilang. Sebagai catatan, PIN akan kadaluwarsa setelah satu bulan sejak dikeluarkan oleh kantor pajak. Jika tidak didaftarkan dalam waktu tersebut, maka PIN akan hangus, dan pembayar pajak bisa mengajukan lagi. Setelah mendapat PIN, pembayar pajak bisa membuat akun di situs resmi kantor pajak. Setelah membuat akun, maka pengguna akan diarahkan untuk mengisi formulir 1770, formulir 1770 s, dan formulir 1770 ss. Setelah mengisi ketiga formulir tersebut, barulah pembayar pajak bisa melaporkan pajaknya secara online. Mudah sekali, bukan?

Maka dari itu, saat kamu sudah berada dalam usia produktif, berpenghasilan cukup, jangan lagi menunda-nunda bayar pajak. Perkembangan teknologi akan turut membantu kamu menjadi warga negara yang baik dengan taat bayar pajak. Apa yang kamu bayar secara tidak langsung memajukan Indonesia, mulai dari warga negaranya sampai tata kelola. E-Filling merupakan salah satu metodenya. Ketahui lebih lengkap panduan untuk membayar pajak dengan membuka tautan ini https://review.bukalapak.com/finance/panduan-lengkap-dan-cara-lapor-pajak-online-103342.

Baca Juga:  Begini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatanmu

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More