Home Finance Membayar Pajak Semudah Ini, Hanya dengan SSE Pajak

Membayar Pajak Semudah Ini, Hanya dengan SSE Pajak

by Erin Nuzulia
Sse pajak 1

Membayar pajak merupakan kewajiban bagi  penduduk Indonesia. Pajak merupakan alat untuk membangun perekonomian Indonesia biar bisa terus maju. Artinya dengan kita membayar pajak setiap bulannya, kita juga punya peran andil dalam membentuk bangsa ini menjadi bangsa yang besar. Ada pepatah mengatakan warga yang baik adalah warga yang taat untuk membayar pajak. Dengan kita membayar pajak, sudah tentu bangsa akan semakin maju, karena dari sanalah pemerataan ekonomi, pemerataan kesejahteraan semakin merata. Terlebih pembayaran pajak saat ini sudah lebih mudah dengan sistem SSE Pajak.

Proses pembayaran pajak memang tergolong rumit, susah, dan masih banyak yang mengeluhkan untuk membayar pajak tergolong ribet karena susahnya mengakses channel Mengenai proses pembayaran pajak dan sosialisasi mengenai pajak yang masih tergolong sedikit. Sebetulnya ada beberapa cara untuk melakukan pembayaran pajak yakni baik secara manual maupun secara online yakni SSE Pajak. Pembayaran pajak secara manual, memang harus mengantri terlebih dahulu, harus beramai-ramai mengantri dengan orang-oran yang melakukan pelaporan dan SPT.

Membayar pajak melalui sistem online nyatanya lebih mudah. Sistem online yang digunakan untuk melakukan pembayaran pajak yakni melalui SSE Pajak. SSE Pajak  atau e-Billing adalah  sistem pembayaran pajak secara resmi yang dikeluarkan oleh direktorat jenderal pajak. Sistem pajak online ini memudahkan kita untuk membayar Pajak kapan pun di mana pun baik melalui m-banking atau transfer via ATM. SSE pajak sendiri dengan mudah dapat diakses melalui lama pajak secara resmi yakni  sse.pajak.go.id

Sebelum anda membayar pajak via SSE secara online, anda harus daftar terlebih dahulu, yakni untuk membuat aku SSE pajak. Membuat aku SSE pajak ini jika dilihat singkat memang agak rumit, namun ketika kita sudah masuk sistemnya akan lebih terbantu karena prosedur pengisin identitas yang cukup jelas, dan mudah untuk di aplikasikan. Nah berikut ini adalah cara membuat SSE pajak secara online.

Baca Juga:  Kamu Belum Paham Mengenai Kurs Pajak Mingguan? Yuk Kita Cari Tahu Mengenai Kurs KMK Berikut!

lapor pajak online 2

Cara Membuat SSE Pajak versi 1

  1. Pertama-tama membuka laman sse.pajak.go.id
  2. Pilih bagian e-billing pajak versi 1 dan klik
  3. Kemudian muncul layar daftar baru
  4. Isi identitas form baru lengkap
  5. Tulis core captcha lalu klik register

Setelah registrasi berhasil maka yang harus dilakukan adalah membua kode billing. Kode billing ini tujuannya untuk pembayaran pajak secara online.

Cara Membuat Kode Billing Untuk Setor Pajak Online

  1. Login dengan mengisi NPWP dan Pasword serta jangan lupa untuk auntentifikasi user yang tertera dalam kotak
  2. Pilih dan klik Icon “Billing System”
  3. Kemudian pilih tab yang warna hijau dan isi pada bagian SSE
  4. Lalu ketik pada bagian form surat elektronik untuk pelaporan secara online
  5. Pilihlah jenis waktu tenggang pajak sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Maka muncul kotak “OK”
  7. Klik halaman selanjutnya nanti akan menampilkan review dari data pribadi serta terlampir kode billing.
  8. Setelah itu akan mendapatkan ID billing yang nantinya akan menjadi alat untuk pembayaran pembayaran pajak secara online, baik via ATM, Bank maupun internet banking.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa untuk menjadi warga negara yang taad pajak, kita harus mendaftar dulu pada SSE pajak, sehingga nanti kita akan mendapatkan id billing, untuk lapor pajak online dengan mudah di manapun dan kapan pun. Pastikan dalam pengisian form data di SSE pajak, nama dan identitas pendukung sesuai dengan yang dimiliki sehingga untuk terverifikasi akan lebih mudah.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More