Home Finance Tahukah Anda 3 Jenis Kurs BCA?

Tahukah Anda 3 Jenis Kurs BCA?

by Erin Nuzulia
kurs bca

Bagi Anda yang mengikuti dinamika nilai tukar mata uang, pastinya familiar dengan sebuah kata yang bernama “kurs”. Lalu untuk yang peduli akan hal tersebut, dan sekaligus merupakan nasabah Bank BCA, Anda juga pastinya menjadikan kurs BCA sebagai acuan pergerakan nilai tukar mata uang. Tapi sudah tahukah jika kurs Bank BCA itu ada 3 jenis? Berikut penjelasannya:

Jadi pada dasarnya BCA memiliki 3 jenis kurs, yaitu TT Counter, e-Rate, dan Bank Notes.

TT Counter yaitu layanan tukar valuta asing yang bisa dilakukan langsung di counter Bank BCA.

Sedangkan e-Rate BCA merupakan kurs yang bersifat khusus bagi para pengguna e-Banking dalam melakukan transaksi dalam mekanisme transfer.

Dan yang terakhir, Bank Notes, yaitu jenis layanan Bank BCA yang mampu menjembatani transaksi jual beli valuta asing dalam bentuk uang kertas. Kelebihan dari transaksi jenis Bank Notes ini yaitu Bank BCA bisa memfasilitasi transaksi yang lebih memberikan kenyamanan jika dibandingkan dengan transaksi non-bank, pelayanan pun terbilang lebih prima, selain itu transaksi tersedia dalam 20 pilihan mata uang asing.

kurs bca

Nah, setelah membahas 3 jenis Kurs BCA di atas, sekarang mari kita ingat-ingat kembali tentang apa yang dimaksud dengan Kurs, apa saja jenis-jenisnya, lalu faktor apa saja yang memberikan pengaruh pada pergerakan kurs.

  1. Pengertian

Pada dasarnya, kurs merupakan perbandingan nilai suatu mata uang di dalam mata uang lain. Besaran kurs ini ditetapkan oleh bank sentral suatu negara.

  1. Jenis-jenis Kurs

Secara garis besar, kurs dibedakan menjadi 3 macam, yaitu kurs jual, kurs beli, dan kurs tengah, berikut perbedaannya:

  • Kurs Jual

Kurs jual yaitu harga jual sebuah mata uang yang dipakai oleh suatu bank dalam prosesnya menukarkan mata uang asing. Misal, jika Anda menukarkan rupiah dengan Dollar Amerika, Anda akan menggunakan kurs jual.

Baca Juga:  Membayar Pajak Semudah Ini, Hanya dengan SSE Pajak

 

  • Kurs Beli

Kurs beli yaitu harga beli sebuah mata uang yang dipakai oleh suatu bank dalam prosesnya menukarkan mata uang asing. Misal, jika Anda menukarkan Dollar Amerika dengan rupiah, Anda akan menggunakan kurs beli.

  • Kurs Tengah

Yan terakhir adalah kurs tengah. Kurs tengah ini adalah gabungan dari kedua kurs di atas (kurs jual dan kurs beli). Cara kerja prosesnya adalah dengan menentukan rata-ratanya.

  1. Faktor yang Mempengaruhi pergerakan Kurs
  • Faktor Aliran Modal Keluar (capital outflow)

Aliran modal keluar (capital outflow) yaitu modal suatu negara yang dipergunakan untuk membayar utang atau untuk kepentingan tertentu lainnya. Semakin besar utang yang harus dibayar, maka meningkat pula permintaan valuta asing, dan menurunnya kurs mata uang dalam negeri negara tersebut, juga sebaliknya.

  • Faktor pembayaran impor

Kegiatan impor pastinya memengaruhi pergerakan kurs mata uang suatu negara. Hal ini disebabkan oleh adanya sistem pembayaran kegiatan impor ini yang menggunakan kurs beli. Jadi pada dasarnya adalah semakin besar nilai impor barang, maka semakin besar juga permintaan valuta asing yang pada akhirnya akan  menurunkan kurs mata uang dalam negeri di negara tersebut.

  • Kegiatan Spekulasi

Prinsip dasar dari kegiatan ini adalah, semakin banyak aktivitas spekulasi valuta asing, maka semakin besar juga permintaannya. Pengaruh dari kegiatan ini adalah melemahnya kurs mata uang dalam negeri negara tersebut terhadap mata uang asing.

kurs bca

Jadi bisa dibilang, kurs adalah sebuah tolok ukur bagi para pengusaha yang bisa dipergunakan untuk bertransaksi valuta asing atau aktivitas penanaman modal di sebuah instansi atau perusahaan.

Sudah jelas kan korelasi antara gambaran kurs secara umum dengan kurs yang dimiliki Bank BCA? Untuk lebih jelas lagi tentang kurs yang dimiliki BCA tadi, baca lagi di https://review.bukalapak.com/finance/mengenal-tiga-tipe-kurs-mata-uang-di-bank-bca-108644 yuk.

Baca Juga:  Cara Mudah Aktivasi BNI Internet Banking!

 

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More