Tips Mendapatkan Toko Online Terbaik Dan Kenali Ciri Yang Abal-Abal

Tidak dipungkiri banyak orang yang merasakan manfaat belanja online, karena selain memberikan kemudahan, harga barang yang dijual cenderung lebih murah dibandingkan di toko konvensional. Kelebihan toko online terbaik adalah mendapatkan pelayanan yang memuaskan, seperti barang yang dijual berkualitas dan barang sampai ke tangan Anda cepat.

Hebatnya lagi ada beberapa toko online terbaik ada yang memberikan biaya pengiriman gratis. Sekarang ini banyak marketplace yang menerapkan pembayaran yang bisa dipercaya, seperti rekening bersama dan pembayaran langsung. Itu sebabnya jika Anda belanja di Bukalapak.com tidak akan kecewa.

Sebagai informasi kami akan berbagi mengenai ciri-ciri toko online abal-abal yang harus Anda hindari. Dengan mengetahui ciri-ciri toko online yang melakukan modus penipuan diharapkan membuat Anda lebih berhati-hati memilih tempat untuk belanja online.

Baca juga: Bukalapak Toko Online Murah Untuk Berbelanja

Tidak Menerima Sistem Pembayaran COD Atau Rekber

Metode pembayaran Cash on Delivery adalah pembayaran yang dilakukan langsung antara penjual dan pembeli. Biasanya toko online palsu tidak akan menerima sistem pembayaran ini. Jika ada yang menawarkan pembayaran COD namun dengan syarat melakukan pembayaran awal (DP) jangan percaya, karena itu tanda tidak normal. Jadi sebaiknya hindari belanja di toko online yang tidak menerima pembayaran COD atau rekening bersama.

Alamat Website

Apabila Anda berada di luar kota atau di daerah yang sulit dijangkau tidak mungkin melakukan COD, masih ada cara lain untuk mengenali toko online penipu, yaitu dari alamat websitenya.

Perhatikan alamat webnya, jika menggunakan web gratisan sebaiknya hati-hati. Ciri-ciri toko yang menggunakan web gratisan adalah alamatnya diakhiri dengan blogspot.com, wordpress.com atau yang lainnya. Toko online yang serius akan rela mengeluarkan biaya untuk websitenya.

Harga Barang

Barang-barang yang dijual secara online, harganya memang cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga yang dijual di toko offline. Namun perbedaan harganya tidak terlalu jauh. Jika Anda menemukan toko online yang menjual barangnya dengan harga yang sangat mencolok, sebaiknya hati-hati. Karena banyak penipu yang mengelabui pembelinya dengan memberikan harga murah.

Biasanya mereka akan mengatakan harganya murah karena barang black market atau selundupan. Sebaiknya Anda urungkan niat membelinya karena selain beresiko terkena tipu, juga menyalahi aturan yang merugikan negara dengan membeli barang black market.

Nomor Rekening

Biasanya toko online palsu hanya memiliki satu rekening atau banyak rekening namun dengan nama pemilik yang berbeda-beda. Jadi berhati-hatilah jika Anda menemukan penjual yang memiliki nomor rekening lebih dari satu namun namanya berbeda-beda.

Testimoni

Sekarang testimony tidak bisa dijadikan patokan apakah toko online tersebut abal-abal atau terpercaya. Karena sekarang banyak penipu yang mencari cara untuk meyakinkan calon konsumen dengan membuat testimony sendiri. Jadi sebaiknya pilih toko online terbaik yang sudah dipercaya reputasinya dan memiliki banyak konsumen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *