Zakat Fitrah, Apa Saja yang Harus Kamu Ketahui?

Seluruh umat muslim di dunia yang berkecukupan diwajibkan untuk membayar zakat fitrah saat bulan Ramadhan memasuki penghujun waktu. Zakat Fitrah adalah ibadah wajib yang memperkuat hubungan ketuhanan dan kemanusiaan, sebagaimana ibadah berqurban. Oleh sebab itu, Zakat Fitrah tidak hanya menyucikan harta kita, tapi juga menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan.

 

Zakat Fitrah juga berbeda dengan Zakat Mal. Pertama, dari segi waktu. Jika zakat Mal bisa dibayarkan sepanjang tahun ketika jumlah harta seorang muslim telah mencapai nisab (perhitungannya), maka Zakat Fitrah hanya bisa dilaksanakan di hari-hari terakhir bulan Ramadhan hingga 1 Syawal sebelum kita berangkat salat Id. Kedua, dari segi jumlah yang dibayarkan. Jika besaran Zakat Mal bergantung kepada perhitungan dari jumlah harta yang dimiliki, pada Zakat Fitrah kita wajib membayar berupa 2.5 kg beras, atau bersesuaian dengan makanan pokok di daerah tersebut. Dan yang ketiga, adalah dari segi penerimanya. Jika orang yang berhak menerima Zakat Mal terbagi dalam 8 golongan, untuk Zakat Fitrah yang berhak menerimanya hanya lah yang tergolong fakir miskin.

 

Perlu dicermati bahwa waktu pembayaran Zakat Fitrah telah ditentukan. Terdapat tiga pembagian waktu berdasarkan keutamaannya, berupa:

  1. Waktu yang utama, yaitu ketika sebelum berangkat menuju salat Id di pagi hari.
  2. Waktu yang diwajibkan, yaitu ketika terbenamnya matahari di hari terakhir Bulan Ramadhan, tepat ketika masuk tanggal 1 Syawal.
  3. Waktu yang diperbolehkan, yaitu sehari, dua hari, dan tiga hari sebelum hari raya Idul Fitri.

Mengetahui waktu pembayaran Zakat Fitrah sangat lah penting, karena jika kita membayarkan di luar waktu tersebut, maka zakatnya dianggap sebagai sedekah, dan kewajiban membayar Zakat Fitrah belum gugur.

Saat ini, pembayaran Zakat Fitrah sudah lebih mudah. Kini pembayarannya bisa melalui lembaga yang sudah diakui secara resmi, dan diamanahi untuk menyalurkan zakat. Beberapa ulama memang hanya mengizinkan pembayaran berupa beras, namun sebagian besar ulama di Indonesia memperbolehkan pembayaran melalui transfer uang kepada lembaga yang sudah terpercaya. Cara ini juga diperbolehkan oleh ulama besar Mesir Syaikh Yusuf Al-Qardhawi dalam Fiqhuzzakatnya.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa badan yang telah terdaftar secara resmi di Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan diterima oleh Ditjen Pajak Republik Indonesia. Berikut beberapa contoh lembaga yang dimaksud:

 

  1. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

Kita juga dapat menyalurkan zakat kita ke satu-satunya lembaga non-struktural yang dibentuk oleh pemerintah, yaitu milik BAZNAS. Lembaga ini berskala nasional dan dapat merekomendasikan pembentukan BAZNS pada tingkat provinsi untuk memaksimalkan fungsinya. Informasi selengkapnya bisa dicek di baznas.go.id.

 

  1. Dompet Dhuafa

Adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam memperdayakan kaum duafa dengan pendekatan budaya dan sosial. Lembaga yang sangat aktif secara sosial ini juga bisa menyumbangkan zakat fitrahmu dengan baik. Informasi selengkapnya bisa dicek di dompetdhuafa.org.

 

  1. NU CARE-LAZISNU

Lembaga amil zakat milik Nahdlatul Ulama (NU) ini pertama kali dibentuk pada tahun 2004 di Boyolali, Jawa Tengah. NU CARE-LAZISNU berkhidmat dalam rangka membantu kesejahteraan umat dan mengangkat harkat sosial dengan menggunakan dana zakat, infak, sedekah, serta wakaf. Informasi selengkapnya bisa dicek di nucare.id.

 

  1. LAZISMU

Lembaga amil zakat ini dibentuk oleh para petinggi Muhammadiyah dan diakui secara resmi melalui SK pemerintah Indonesia pada tahun 2002. LAZISMU merupakan Lembaga tingkat nasional yang berkomitmen dalam pemberdayaan masyarakat dengan membantu penyaluran zakat dan infak. Selain itu, beberapa bantuan donasi juga dibuka pada Lembaga ini. Informasi selengkapnya bisa dicek di lazismu.org.

 

  1. Rumah Zakat

Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang telah mengelola zakat, infak, sedekah, dan bantuan dana sosial lainnya melalui program pemberdayaan masyarakat yang terstruktur. Berkantor pusat di Bandung, Lembaga ini telah aktif membantu penyebaran zakat sejak 2003. Informasi selengkapnya bisa dicek di rumahzakat.org.

 

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang penjelasan Zakat Fitrah. Dengan segala kemudahannya, jangan sampai lupa menunaikannya tahun ini ya!