Home Bisnis Online 9 Skill Kunci yang Wajib Dikuasai Startup Founder

9 Skill Kunci yang Wajib Dikuasai Startup Founder

by Mia Burke
9 Skill Kunci yang Wajib Dikuasai Startup Founder

Saat ini, gaya hidup masyarakat telah dipengaruhi oleh kehadiran startup atau perusahaan rintisan berbasis teknologi. Hal tersebut menjadi salah satu alasan menjamurnya bisnis tersebut. Anak muda yang idealis dalam membuka usaha sendiri pun menjadikannya sebagai peluang yang perlu dicoba.

9 Skill Kunci yang Wajib Dikuasai Startup Founder

Kemampuan menjadi modal yang penting pada setiap jenis usaha. Begitupun bila Anda ingin membuka startup, ada beberapa teknik dan kemampuan yang perlu dikuasai agar bisnis berjalan sesuai harapan. Beberapa skill yang dapat meminimalisir kendala saat Anda membuka bisnis ini disajikan sebagai berikut, antara lain:

Skill Berkomunikasi dengan Orang Teknis

Pengetahuan dasar teknis dari bisnis yang akan dijalankan sebenarnya sudah cukup bagi startup founder. Sehingga dalam pengembangannya Anda mampu berkomunikasi secara jelas dengan development team mengenai hal-hal yang bersifat teknis. Komunikasi yang baik antara orang teknis dan nonteknis tersebut tentu dapat mempermudah pekerjaan.

Paham HTML

Skill dasar HTML berguna untuk hal-hal yang dilakukan secara online seperti menambahkan link ke forum posts, atau format teks untuk penekanan, dan bahkan membuat bulleted lists. Terlebih jika Anda membuat startup berupa website, maka bahasa pemrograman akan menjadi nilai tambah.

Skill Analisis

Biaya operasional serta langkah-langkah yang akan diambil kedepannya perlu dianalisis agar dapat mendorong inovasi perusahaan menjadi lebih maju. Profit yang diraih akan lebih banyak berkat eliminasi proses yang tidak perlu maupun yang memakan banyak cost sehingga perusahaan juga menjadi lebih efektif.

Skill Mempersiapkan Sistem Analisis

Data di balik bisnis yang dilakukan memang harus dipahami. Bila datanya sudah lengkap dan tersusun rapi, maka akan lebih mudah untuk membuat persiapan ke depannya karena tahu persis apa yang ingin dikerjakan.

Baca Juga:  Tips Mencari Bisnis Terpercaya di Internet

Skill Memecahkan Kode

Pengetahuan dasar tentang HyperText Markup Language (HTML) bisa membantu Anda dalam memecahkan kode. Jika terjadi masalah sederhana, seperti edit links dan images maka perintah dasar pemrograman dalam bahasa HTML akan memudahkan Anda untuk menyelesaikannya. Anda juga tidak perlu membayar jasa progammer sehingga bisa menghemat.

Skill Menciptakan Automation System

Sistem yang dapat diotomatisasi merupakan salah satu kemudahan bisnis ini. Tingkat conversion yang besar dapat diperoleh dengan menciptakan flowchart dan proses untuk marketing automation. Anda dapat memintanya pada developer dengan menyediakan framework tentang apa yang akan dilakukan.

Paham SEO

Posisi pertama search engine dipengaruhi meta tags, alt tags pada gambar, riset, dan penempatan keyword pada kalimat, sehingga Anda juga harus menguasai kemampuan Search Engine Optimization (SEO). SEO memang difungsikan untuk meningkatkan value perusahaan. Jika Anda mempunyai kemampuan ini, bujet jasa SEO bukan hal yang perlu diresahkan.

Baca juga: Dapatkan Kemudahan Berbisnis dengan Memanfaatkan Website Bisnis

Tekun Belajar

Seiring berjalannya waktu Teknologi maupun bahasa pemrograman selalu berkembang. Karenanya, founder perusahaan startup dituntut untuk terus belajar. Jangan puas ketika telah menguasai satu bidang tertentu.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More